10 Negara yang Dulunya Miskin Sekarang Kaya Raya

Selasa, 23 Mei 2023 - 12:18 WIB
loading...
10 Negara yang Dulunya Miskin Sekarang Kaya Raya
Qatar, dulunya negara miskin, dengan mengandalkan minyak bumi, berubah menjadi negara kaya raya. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Negara kaya di dunia tidak selalu sama dulu dan sekarang. Percaya atau tidak, beberapa negara super kaya seperti Swiss dan Singapura dulunya adalah negara miskin.

Setelah mengatasi berbagai rintangan dan tangan ekonomi, banyak negara yang dulunya miskin kini menjadi negara kaya raya.

Berikut 10 negara yang dulunya mikin dan sekarang menjadi negara kaya. Itu disarikan dari produk domestik bruto ( PDB ) versi World Population Review.



1. Luksemburg

10 Negara yang Dulunya Miskin Sekarang Kaya Raya

Foto/Reuters

Sebagai negara penghasil uang, Luksemburg menjadi negara dengan PDB per kapita tertinggi ketiga di dunia sekitar USD133.175. Dengan mengutamakan diversifikasi perekonomian, negara itu mengandalkan perbankan, baja dan pabrik berteknologi maju.

Sulit membayangkan bagaimana Luksemburgsebagai negara miskin. Tapi, dulu Luksemburg merupakan negara yang terkepung oleh bangsa-bangsa Eropa pada abad 19. Sekitar 80% warganya bekerja di sektor pertanian dan hidup dalam status kemiskinan.

Akibat terjebak kemiskinan, banyak keluarga di Luksemburg harus terpaksa bertahan hidup. Itu menyebabkan sepertiga penduduk Luksemburg memilih bermigrasi ke Amerika Serikat.

Hingga menemukan cadangan emas pada pertengahan abad 19, Luksemburg mampu mengubah nasib. Tambang dan pabrik langsung berdiri. Luksemburg menjadi negara penghasil baja. Pada akhir abad 19, Luksemburg menjadi produsen baja paling maju di Eropa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)