Terungkap, Saddam Hussein Tolak Permintaan AS Tunjuk Wapres dengan Imbalan Dibebaskan

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:32 WIB
loading...
Terungkap, Saddam Hussein Tolak Permintaan AS Tunjuk Wapres dengan Imbalan Dibebaskan
Mantan Presiden Irak Saddam Hussein. Foto/USA Today
A A A
BAGHDAD - Mendiang Presiden Irak Saddam Hussein menolak proposal Amerika Serikat (AS) untuk menunjuk wakil presidennya (wapres) tanpa kekuasaan dengan imbalan pembebasannya. Hal itu diungkapkan kepala tim kuasa hukum Saddam Khalil Al-Dulaimi.

Kepada TV Al-Arabiya, al-Dulaimi mengungkapkan bahwa AS juga meminta Saddam untuk menghentikan pertempuran melawan tentara AS di Falluja dan meninggalkan negara itu, tetapi dia menolak.

Ketika ditanya tentang pertemuan pertamanya dengan Saddam, al-Dulaimi mengatakan dia tidak yakin bahwa itu adalah mantan penguasa Irak.



"Kondisinya sulit akibat penahanan dan penyiksaan fisik serta psikologisnya. Namun, setelah berbicara dengannya, ketika dia menyebutkan insiden tertentu, aku mengenalinya," ungkapnya seperti dikutip dari Middle East Monitor, Minggu (21/5/2023).

Pada tanggal 3 Maret 2003, mantan Presiden AS George Bush menyatakan perang terhadap Irak untuk menggulingkan Saddam Hussein dan menghancurkan senjata pemusnah massal yang diduga telah dikembangkan oleh Irak. N

Namun belakangan tidak ada senjata pemusnah massal yang ditemukan seperti yang dituduhkan.



Jurnal medis Inggris The Lancet memperkirakan jumlah orang yang tewas di Irak dari tanggal invasi pimpinan AS hingga akhir Juni 2006 sebanyak 654.965. Puluhan ribu orang terbunuh kemudian.

Tuduhan tentang senjata pemusnah massal diyakini secara luas telah menjadi alasan untuk invasi yang menghancurkan untuk melakukan perubahan rezim di Irak.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)