Amerika Kecam Nyanyian Rasis Demonstran Israel di Yerusalem

Jum'at, 19 Mei 2023 - 18:30 WIB
loading...
Amerika Kecam Nyanyian Rasis Demonstran Israel di Yerusalem
Amerika Kecam Nyanyian Rasis Demonstran Israel di Yerusalem. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Amerika Serikat (AS) menecam “nyanyian rasis" para demonstran Israel terhadap orang Arab. Dalam demonstrasi yang berlangsung pada Kamis (18/5/2023) itu, banyak dari demonstran Israel meneriakkan slogan-slogan anti-Arab.

“Amerika Serikat dengan tegas menentang bahasa rasis dalam bentuk apa pun. Kami mengutuk nyanyian kebencian seperti 'Matilah orang Arab' selama pawai hari ini di Yerusalem," tulis juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller di Twitter, seperti dikutip dari AFP.



Puluhan ribu nasionalis Israel berbaris ke Kota Tua Yerusalem pada hari Kamis dalam pawai pengibaran bendera tahunan untuk memperingati penaklukan Israel, karena ketegangan di perbatasan Gaza tetap tinggi.

Warga Palestina di Yerusalem timur yang dianeksasi menutup toko mereka dan dilarang masuk Gerbang Damaskus ke Kota Tua, sebuah pusat sosial, untuk memberi jalan bagi para demonstran, beberapa di antaranya menyerang wartawan dengan batu dan botol.

Polisi mengatakan mereka telah melakukan dua penangkapan atas serangan itu, satu orang dewasa dan satu anak di bawah umur.

Sementara di Gaza, ribuan orang berkumpul untuk hari bendera tandingan di perbatasan Israel, banyak dari mereka memegang bendera Palestina. Pasukan Israel menembakkan gas air mata ke arah siapa pun yang mendekati pagar perbatasan.



Sumber keamanan Palestina di Gaza mengatakan, penguasa Islam di wilayah itu, Hamas, menembakkan "roket peringatan" ke laut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Menjelang pawai Israel, kelompok militan itu mengatakan "mengutuk kampanye pendudukan Zionis (Israel) terhadap rakyat Palestina kami di Yerusalem yang diduduki."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)