Persembunyian Bawah Tanah Rahasia Vladimir Putin Dibocorkan Online

Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:17 WIB
loading...
Persembunyian Bawah Tanah Rahasia Vladimir Putin Dibocorkan Online
Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki tempat persembunyian berupa terowongan raksasa bawah tanah yang dibangun tak jauh dari istana mewah di tepi Laut Hitam. Foto/The Telegraph
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki tempat persembunyian berupa terowongan raksasa bawah tanah yang dibangun tak jauhdari istana mewah di tepi Laut Hitam.

Itu terungkap setelah diagram terowongan itu di-posting secara online oleh perusahaan teknik yang mengerjakan proyek tersebut dan kini menyebar luas.

Putin telah lama diberitakan telah memerintahkan pembangunan terowongan raksasa—yang terletak sekitar 50 meter di bawah permukaan—karena khawatir akan kelangsungan hidupnya jika terjadi revolusi atau perang.

Kompleks bawah tanah dibangun sebelum Rusia merebut Crimea dari Ukraina pada 2014, ketika Putin masih menjalin hubungan hangat dengan kekuatan Eropa.

Istananya senilai £1 miliar—lengkap dengan gereja, gelanggang es, kasino, dan lounge hookah—membentang seluas 190.000 kaki persegi di tepi yang menghadap ke laut.



Keberadaan terowongan, yang pertama kali dilaporkan oleh Business Insider, hanya diketahui karena perusahaan konstruksi Rusia yang membangunnya memajang diagram secaraonline sebagai bukti keunggulan pekerjaan mereka.

Metro Style, sebuah perusahaan teknik yang disewa untuk menggali terowongan bawah tanah, menerbitkan gambar tersebut di situs webnya pada awal 2010-an, menggambarkan proyek tersebut sebagai "kompleks bawah tanah untuk sebuah resor" di Gelendzhik, kota yang paling dekat dengan istana Putin.

Diagram menunjukkan bunker dengan sistem ventilasinya sendiri, serta saluran pembuangan dan pasokan air bersih.

Memperkuat dinding adalah cangkang beton 15 inci dan seluruh kompleks bawah tanah seluas 6.500 kaki persegi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)