AS Akui Kerahkan 1.419 Senjata Nuklir, Tekan Rusia untuk Blakblakan Juga

Kamis, 18 Mei 2023 - 09:24 WIB
loading...
AS Akui Kerahkan 1.419 Senjata Nuklir, Tekan Rusia untuk Blakblakan Juga
Amerika Serikat akui telah kerahkan 1.419 hulu ledak nuklir ke gudang senjatanya, dan menekan Rusia untuk beber datanya. Foto/National Interest
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah mengerahkan 1.419 hulu ledak nuklir di gudang senjatanya, dan menekan Rusia untuk merilis datanya.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan telah merilis informasi tersebut kepada publik sebagai bagian dari komitmennya di bawah New START Treaty (Perjanjian START Baru), tampaknya membalikkan keputusan sebelumnya untuk tidak membagikan data.

“Amerika Serikat terus memandang transparansi di antara negara-negara pemilik senjata nuklir sebagai hal yang sangat berharga untuk mengurangi kemungkinan salah persepsi, salah perhitungan, dan persaingan senjata yang merugikan,” kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian START (Strategic Arms Reduction) Baru mulai berlaku pada tahun 2011 dan diperpanjang selama lima tahun lagi pada tahun 2021.



Itu membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat dikerahkan AS dan Rusia, serta penyebaran rudal berbasis darat dan kapal selam serta pesawat pengebom untuk mengirimkannya.

Namun pada Februari tahun ini, di tengah penurunan tajam dalam hubungan kedua negara sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina pada Februari 2022, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia menangguhkan partisipasi Rusia dalam Perjanjian START Baru.

AS mengatakan bahwa Moskow tidak membuat pengungkapan apa pun pada bulan Maret dan tidak menerapkan ketentuan penting lainnya dari perjanjian itu.

“Amerika Serikat meminta Federasi Rusia untuk mematuhi kewajibannya yang mengikat secara hukum dengan kembali ke implementasi penuh Perjanjian START Baru dan semua langkah transparansi dan verifikasi yang menstabilkan yang terkandung di dalamnya,” imbuh pernyataan Departemen Luar Negeri AS, seperti dilansir Al Jazeera, Rabu (17/5/2023).

Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa selain hulu ledak nuklir yang dikerahkan, AS memiliki 662 rudal balistik antarbenua (ICBM), rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) dan pesawat pengebom berat.

Secara total, dikatakan pada 1 Maret bahwa Amerika memiliki 800 sistem pengiriman baik yang dikerahkan maupun yang tidak dikerahkan—jumlah maksimum yang diizinkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)