China Siap Hancurkan Kemerdekaan Taiwan

Rabu, 17 Mei 2023 - 03:35 WIB
loading...
China Siap Hancurkan Kemerdekaan Taiwan
Militer China telah bersumpah untuk dengan tegas menghancurkan setiap gerakan separatis di Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Militer China telah bersumpah untuk dengan tegas menghancurkan setiap gerakan separatis di Taiwan . Beijing juga memperingatkan bahwa campur tangan Washington yang meningkat dengan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu telah menciptakan keretakan berbahaya dalam hubungan China-AS.

"Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) terus memperkuat pelatihan dan persiapan militer dan akan dengan tegas menghancurkan segala bentuk pemisahan kemerdekaan Taiwan, bersama dengan upaya campur tangan dari luar, dan akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan China Kolonel Tan Kefei kepada wartawan di Beijing seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (17/5/2023).

Tan membuat komentarnya sebagai tanggapan atas rencana Amerika Serikat (AS) untuk memberikan bantuan militer senilai USD500 juta ke Taiwan yang diungkapkan awal bulan ini. Selain itu, Pentagon dikabarkan telah mengirimkan sebanyak 200 tentara ke pulau tersebut untuk memberikan pelatihan militer.

Washington telah membuat marah Beijing dengan menjual senjata ke Taiwan dan mengirim delegasi politik ke wilayah yang dianggap sebagai provinsi China yang memisahkan diri itu.

China meningkatkan latihan militer di Selat Taiwan dan memutuskan hubungan pertahanan dan iklim dengan AS Agustus lalu setelah Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi melakukan kunjungan kontroversial ke pulau itu. China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya, klaim yang telah lama diakui oleh pemerintah AS.



"Meningkatkan hubungan pertahanan antara Washington dan Taipei telah mengguncang fondasi hubungan China-AS dan merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Tan.

"Ini adalah langkah yang sangat salah dan berbahaya," imbuhnya.

Tan menyebut masalah Taiwan sebagai garis merah pertama yang tidak dapat diatasi dalam hubungan China dengan AS. Dia menyerukan Washington untuk mematuhi kebijakan Satu China yang telah berlangsung lama, yang mengakui Republik Rakyat China (RRC) sebagai satu-satunya pemerintah China yang sah, termasuk Taiwan.

“Sejarah tidak boleh dibalik,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)