Pompeo: Kepala WHO Telah Dibeli Pemerintah China

Rabu, 22 Juli 2020 - 21:01 WIB
loading...
Pompeo: Kepala WHO Telah Dibeli Pemerintah China
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyerang Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo melancarkan serangan luar biasa terhadap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pertemuan pribadi dengan sejumlah pejabat dan politisi Inggris. Ia menuduh organisasi itu telah berada dalam saku China dan bertanggung jawab atas tewasnya warga Inggris selama pandemi.

Dalam pertemuan itu, Pompeo mengatakan bahwa dia percaya WHO adalah organisasi politik bukan organisasi berbasis ilmu dan menuduh direktur jenderalnya saat ini, Tedros Adhanom Ghebreyesus terlalu dekat dengan Beijing.

"Di atas dasar laporan intelijen yang kuat, kesepakatan telah dibuat dengan China untuk memungkinkan Tedros memenangkan pemilihan pada 2017," kata Pompeo kepada audiensi 20 anggota parlemen dan rekan-rekannya.

"Ketika ada dorongan untuk mendorong, Anda telah membunuh warga Inggris karena kesepakatan yang dibuat," imbuhnya tanpa perincian lebih lanjut seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (22/7/2020).

Pernyataan itu dilontarkan pada pertemuan yang diselenggarakan oleh lembaga thinktank Henry Jackson Society. Pompeo menanggapi pertanyaan dari Chris Bryant, salah satu dari dua anggota parlemen Buruh yang hadir dalam pertemuan yang didominasi oleh Konservatif, yang telah menantangnya atas keputusan pemerintahan Trump untuk keluar dari organisasi multilateral itu.

Awal bulan ini, AS secara resmi memberi tahu WHO bahwa mereka telah berhenti, meskipun ada kritik yang meluas dan hampir tidak ada dukungan internasional untuk langkah tersebut di tengah pandemi.

Menanggapi pernyataan itu, juru bicara WHO mengatakan: "WHO tidak mengetahui adanya pernyataan seperti itu tetapi kami sangat menolak serangan ad hominem dan tuduhan yang tidak berdasar. WHO mendesak negara-negara untuk tetap fokus pada penanganan pandemi yang menyebabkan kematian dan penderitaan yang tragis. ”

Pompeo pada hari Selasa mengadakan pertemuan dengan Johnson dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

Kunjungannya dilihat sebagai upaya AS membahas cara-cara untuk mengatasi kekuatan China yang meningkat. Pertemuan ini dilakukan hanya seminggu setelah Inggris memerintahkan pembersihan perangkat Huawei dari jaringan 5G. (Baca: AS-Inggris Atur Siasat Hadapi Kekuatan China )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)