Prancis Siap Latih Pilot Tempur Ukraina di Tengah Perang Lawan Rusia

Selasa, 16 Mei 2023 - 12:58 WIB
loading...
Prancis Siap Latih Pilot Tempur Ukraina di Tengah Perang Lawan Rusia
Prancis menyatakan siap melatihan pilot pesawat tempur Ukraina di tengah perang melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan negaranya telah "membuka pintu" untuk melatih pilot pesawat tempur Ukraina di tengah perang melawan invasi Rusia .

Meski demikian, Prancis masih enggan untuk mengirim pesawat tempur ke Kiev.

Komentar Macron disampaikan hari Senin atau sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Paris dalam perjalanan kedua sejak Rusia meluncurkan invasi pada Februari tahun lalu.

"Kami telah membuka pintu untuk melatih pilot, dan ini dengan beberapa negara Eropa lain yang juga siap. Saya pikir diskusi sedang berlangsung dengan Amerika," kata Macron dalam wawancara dengan stasiun televisi TF1.

"Pelatihannya bisa dimulai dari sekarang," ujarnya tanpa merinci lebih lanjut, sebagaimana dilansir AFP, Selasa (16/5/2023).



Setelah berbulan-bulan mengalami kebuntuan, Ukraina telah bersiap untuk merebut kembali wilayahnya yang direbut oleh Rusia dan menopang bantuan militer untuk membantu membuat pasukannya lebih siap tempur.

Macron dan Zelensky makan malam pada Minggu malam, saat pemimpin Ukraina itu mengunjungi beberapa negara Eropa untuk menopang persediaan senjata Kiev.

“Dalam beberapa minggu mendatang, Prancis akan melatih dan melengkapi beberapa batalyon dengan puluhan kendaraan lapis baja dan tank ringan termasuk AMX-10RC,” kata kedua pemimpin dalam pernyataan bersama.

Macron menolak memberikan rincian lebih lanjut selama wawancara dengan TF1.

"Kami telah memutuskan untuk mengirimkan lebih banyak amunisi," katanya.

Prancis juga telah memutuskan untuk membantu melatih pasukan yang akan bertanggung jawab untuk serangan balasan terhadap pasukan Rusia serta memperbaiki kendaraan dan meriam Ukraina.

"Prancis masih memiliki posisi yang sama: untuk membantu melawan Ukraina. Banyak yang dipertaruhkan saat ini, karena keberhasilan serangan balik ini akan menentukan kapasitas untuk membangun perdamaian abadi," kata Macron.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)