4 Tank Bantuan Asing yang Digunakan Tentara Ukraina

Senin, 15 Mei 2023 - 12:58 WIB
loading...
4 Tank Bantuan Asing yang Digunakan Tentara Ukraina
Tank menjadi kendaraan tempur paling efektif dalam perang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pernah meminta bantuan sebanyak 300 tank dari Barat untuk menggempur tentara Rusia. Namun, Moskow mengancam akan menghancurkan seluruh tank yang dikirim Barat.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pun berjanji akan mengirimkan banyak tank ke Ukraina. Itu ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan mereka.

Tank menjadi kendaraan tempur paling signifikan dalam perang di Ukraina. Maklum, sebagian besar perang berlokasi di darat. Tank menjadi kekuatan utama untuk mempertahankan suatu wilayah dan memperluas wilayah.

Berikut 4 jenis tank bantuan Barat yang digunakan oleh tentara Ukraina untuk melawan tentara Rusia.



1. Leopard 2

4 Tank Bantuan Asing yang Digunakan Tentara Ukraina

Foto/Reuters

Beberapa hari setelah Rusia menginvasi Ukraina, Jerman menyatakan siap mengirimkan bantuan tank Leopard 2. Awalnya, hanya 14 unit yang dikirim ke Ukraina. Jerman ingin mengirimkan dua batalion tank atau sekitar 88 unit.

Selain Jerman, Finlandia, Polandia, dan Norwegia juga mengirimkan tank Leopard 2. Selain itu, Spanyol juga menyatakan siap mengirimkan tank Leopard-nya.

Tank leopard digunakan oleh 20 Angkatan Darat di seluruh dunia. Itu merupakan opsi terbaik dalam perang melawan Rusia.
International Institute for Strategic Studies (IISS), think-tank asal Inggris, menyatakan terdapat 2.000 unit tank Leopard 2 yang tersebut di seluruh Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)