Kolombia Sita Kapal Selam Narkoba Terbesar dalam Sejarah, Angkut 3 Ton Kokain

Minggu, 14 Mei 2023 - 14:03 WIB
loading...
Kolombia Sita Kapal Selam Narkoba Terbesar dalam Sejarah, Angkut 3 Ton Kokain
Kolombia sita kapal selam narkoba terbesar dalam sejarah, mengangkut 3 ton kokain. Foto/TeleSur
A A A
BOGOTA - Angkatan Laut Kolombia mencegat dan menyita kapal selam berisi kokain terbesar dalam sejarah. Kapal buatan kartel narkotika seukuran dengan kapal selam militer itu memuat 102 paket kokain.

Operasi itu diumumkan oleh angkatan laut Kolombia pada Jumat lalu. Dalam sebuah pernyataan, angkatan laut Kolombia mengatakan kapal-kapalnya menangkap kapal selam di radar di Samudra Pasifik dan memanggil pesawat Angkatan Udara Kolombia untuk melacak kemajuannya.

Meski cuaca buruk, satu unit marinir berhasil mencegat kapal dan menangkap tiga orang di dalamnya.

Penangkapan itu menyelamatkan nyawa awak kapal, kata angkatan laut, karena kapal selam itu mulai tenggelam karena kebocoran di area mesinnya.



Marinir menemukan 102 paket kokain dengan berat lebih dari tiga ton. Setelah beberapa kali mencoba untuk mengapungkan kembali kapal selam yang tenggelam, kapal tersebut ditenggelamkan untuk menghindari gangguan pengiriman di daerah tersebut.

Dilansir dari Russia Today, Minggu (14/5/2023), kapal selam itu memiliki panjang 30 meter dan lebar tiga meter, menjadikannya kapal selam narkoba terbesar yang disita sejak perangkat pertama ditemukan pada tahun 1993.

Dirancang dan dibangun oleh kartel narkoba, kapal ini secara teknis semi-submersible, karena mereka melakukan perjalanan tepat di bawah permukaan air untuk menghindari deteksi.

Dimensi kapal selam ini sebanding dengan kapal selam serang kelas Ghadir milik Iran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)