4 Kapal Tanker yang Pernah Disita Iran, Mayoritas Bermotif Balas Dendam

Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:01 WIB
loading...
A A A
2. Kapal Tanker Delta Poseidon Berbendera Yunani

Angkatan Laut Garda Revolusi Iran menyita dua kapal tanker Yunani di perairan Teluk pada Mei 2022. Itu merupakan langkah balasan setelah Yunani juga menyita kapal tanker Iran di perairan Yunani.

Penyitaan kapal tanker itu terjadi setelah sebuah helikopter milik Angkatan Laut Iran mendarat di kapal tanker Delta Poseidon. Kapal itu mengklaim telah berlayar di perairan internasional yakni sejauh 22 mil laut dari perairan Iran.

3 Kapal Tanker Niovi Berbendera Panama

Sebuah video yang dirilis Armada Kelima Pasukan Garda Revolusi Iran menunjukkan mereka menyita kapal berbendera Panama bernama Niovi pada 3 Mei 2023. Penyitaan kapal itu dikarenakan adanya pelanggaran hukum. Amerika Serikat mengungkapkan langkah Iran tersebut tidak berdasarkan hukum.



4. Kapal Tanker Advantage Sweet Berbendera Marshall Island

4 Kapal Tanker yang Pernah Disita Iran, Mayoritas Bermotif Balas Dendam

Foto/Reuters

Pada 29 April 2023, Iran menyita kapal tanker Advantage Sweet berbendera Marshall Island dalam sebuah operasi dengan menggunakan helikopter. Kapal tanker yang dioperasikan Turki itu berlayar di Selat Hormuz dengan membawa minyak mentah untuk Chevron Corp dengan tujuan Amerika Serikat.

Iran mengklaim kapal tanker itu disita karena bertabrakan dengan kapal milik Iran yang tidak diidentifikasi. Iran sudah memperingatkan kapal tersebut untuk berhenti, tetapi diabaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)