Garis Keturunan Mohammed bin Salman, Apakah Keturunan Nabi Muhammad?

Jum'at, 12 Mei 2023 - 13:47 WIB
loading...
Garis Keturunan Mohammed bin Salman, Apakah Keturunan Nabi Muhammad?
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Garis keturunan Mohammed bin Salman menjadi pembahasan yang menarik diulas. Apakah dia dan keluarganya termasuk keturunan Nabi Muhammad?

Mohammed bin Salman atau biasa dikenal MBS merupakan Putra Mahkota kerajaan Arab Saudi. Tak hanya menjadi Putra Mahkota, jabatan penting lain juga turut disandangnya termasuk Perdana Menteri.

Status MBS sebagai Putra Mahkota membuatnya menjadi pewaris kerajaan. Nantinya, dia akan naik tahta menjadi Raja Arab Saudi menggantikan ayahnya, yakni Raja Salman.

Garis Keturunan Mohammed bin Salman (MBS)


Pada latar belakangnya, Mohammed bin Salman (MBS) merupakan putra dari Salman bin Abdulaziz dengan istri ketiganya yang bernama Fahdah binti Falah Al Hithhlain. Sekadar informasi, Salman bin Abdulaziz saat ini berstatus Raja Arab Saudi.

Mengutip House of Saud, Raja Salman naik tahta pada tahun 2015. Dia tercatat sebagai salah satu putra dari Abdulaziz bin Saud, sosok yang dikenal sebagai pendiri kerajaan Arab Saudi modern.

Dalam riwayatnya, Arab Saudi dipimpin oleh keluarga Al Saud sejak lama. Melihat beberapa dekade ke belakang, para anggotanya telah memegang tahta di negara tersebut secara bergantian.

Menelusuri garis keluarga Al Saud, akarnya membawa ke wilayah tengah Jazirah Arab di mana anggotanya merupakan bagian dari suku yang dikenal sebagai Bani Saud.

Pada akhir abad ke-18, seorang pria bernama Muhammad ibn Saud membentuk aliansi dengan pemimpin agama bernama Muhammad ibn Abd al-Wahhab. Koalisi ini menjadi cikal bakal pembentukan Negara Saudi pertama.

Namun, negara ini hanya bertahan sampai pertengahan abad ke-19, setelah ditaklukkan oleh Kekaisaran Ottoman. Pasca kejatuhannya, keluarga Al Saud mengasingkan diri, tetapi masih mempertahankan pengaruhnya di wilayah tersebut.

Pada awal abad ke-20, keluarga Al Saud kembali berkuasa dan mendirikan kerajaan modern Arab Saudi. Dalam hal ini, Abdulaziz Ibn Saud adalah raja pertamanya dan dianggap sebagai pendiri kerajaan. Dia memerintah dari tahun 1932 sampai kematiannya pada tahun 1953.

Pada perkembangannya, Raja Abdulaziz memiliki banyak putra yang kelak menjadi penerus dan pemimpin Arab Saudi sampai sekarang. Salah satunya adalah Salman bin Abdulaziz yang saat ini masih berstatus Raja Arab Saudi.

Jadi, dapat dipahami bahwa garis keturunan Mohammed bin Salman (MBS) mengakar dari sang ayah Raja Salman, kemudian Abdulaziz bin Saud, hingga Muhammad ibn Saud.

Kemudian, terkait hubungannya sebagai keturunan Nabi Muhammad belum diketahui secara pasti. Dalam hal ini, terdapat perbedaan pendapat terkait silsila garis keturunan tersebut. Ada sebagian versi yang menyatakan kebenaran, namun sebagian lain juga menyangkalnya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)