Ahli Ragukan Klaim Ukraina Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia

Kamis, 11 Mei 2023 - 03:05 WIB
loading...
Ahli Ragukan Klaim Ukraina Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia
Pakar militer ragukan klaim Ukrain berhasil menembak jatuh rudal hipersinok Kinzhal Rusia dengan sistem rudal Patriot AS (insert). Foto/Kolase/Sindonews
A A A
MOSKOW - Pakar militer yang berbasis di Moskow, Alexey Leonkov, meragukan klaim Ukraina yang mampu menembak jatuh rudal hipersonik Khinzal Rusia . Menurutnya tidak mungkin jatuh rudal balistik hipersonik Kinzhal dengan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) Patriot MIM-104 buatan Amerika Serikat (AS).

Dia menjelaskan bahwa radar SAM tidak dapat melacak Kinzhal karena batas kecepatan target yang dicegatmencapai Mach 3.

“Ketika mereka (Ukraina) menggunakan rudal Patriot langsung, mereka tidak dapat mengidentifikasi apa pun yang mampu terbang lebih cepat (dari Mach 3). Dalam kasus rudal Patriot terbang mengejar Kinzhal, pencegat harus terbang setidaknya 1,5 kali lebih cepat dari rudal hipersonik Rusia,” terangnya seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (11/5/2023).

Dia menyatakan bahwa laporan media baru-baru ini tentang sistem rudal Patriot yang diduga menjatuhkan Kinzhal muncul karena kurangnya hasil kerja Patriot, yang sebelumnya dipasok ke Kiev sebagai bagian dari bantuan militer Washington.



Pernyataan Leonkov muncul setelah juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yury Ignat mengakui bahwa persenjataan tempur negaranya tidak cukup untuk melawan rudal Kinzhal.

“Ada beberapa senjata di gudang Ukraina yang mampu menembak jatuh rudal Kh-47 Kinzhal. Patriot tidak pernah bekerja dengan jenis target seperti Kh-47, oleh karena itu terlalu dini untuk bergembira,” katanya menanggapi laporan tentang dugaan jatuhnya rudal hipersonik Rusia oleh rudal buatan AS itu.

Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov tidak berpikir dua kali untuk mengomentari laporan tersebut saat dia men-tweet: “Berkat sistem pertahanan udara Patriot AS, rudal Kinzhal Rusia telah ditembak jatuh”.

Dia melangkah lebih jauh dengan mengklaim bahwa: "Dengan dukungan teman-teman kita, hal yang tidak mungkin menjadi mungkin," referensi yang jelas untuk bantuan militer AS ke Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)