Daftar Pemenang Pulitzer 2023 dalam Jurnalisme dan Seni

Selasa, 09 Mei 2023 - 07:53 WIB
loading...
Daftar Pemenang Pulitzer 2023 dalam Jurnalisme dan Seni
Medali emas Pulitzer Prize. Foto/pulitzer
A A A
NEW YORK - Penghargaan Pulitzer yang mengakui jurnalisme dan seni terbaik tahun 2022 diumumkan pada Senin (8/5/2023).

Associated Press menyusun daftar pemenang dalam jurnalisme, seni, dan surat, bersama dengan karya mereka yang mendapat penghargaan.

1. Layanan Publik


Mstyslav Chernov, Lori Hinnant, Evgeniy Maloletka, Vasilisa Stepanenko, The Associated Press (AP) meraih penghargaan.

Kuartet reporter AP menang atas apa yang disebut Pulitzer sebagai "pelaporan berani" dari kota Mariupol yang terkepung tentang pembantaian warga sipil dalam invasi Rusia ke Ukraina. Daftar cerita yang dibuat tim itu dapat ditemukan di halaman Erasing Mariupol atau Menghapus Mariupol.

2. Pelaporan Breaking News: The Los Angeles Times


Staf Los Angeles Times menerbitkan percakapan yang direkam secara diam-diam di antara pejabat kota Los Angeles yang menyertakan komentar rasis, dan kemudian ditindaklanjuti dengan liputan mendalam setelahnya.

3. Laporan Investigatif: The Wall Street Journal


Seri “Capital Assets” atau "Aset Modal" The Wall Street Journal (WSJ) menganalisis investasi sekitar 12.000 pejabat federal dan keluarga mereka antara tahun 2016 dan 2021.

WSJ mengumpulkan dan menganalisis data tentang sekitar 850.000 aset keuangan dan lebih dari 315.000 transaksi. Ini adalah penghargaan staf.

4. Pelaporan Penjelasan: Caitlin Dickerson, Atlantik


Caitlin Dickerson dari Atlantic melakukan lebih dari 150 wawancara sebagai bagian dari penyelidikan selama 18 bulan terhadap kebijakan "toleransi nol" mantan Presiden Donald Trump tentang pemisahan anak di perbatasan.

5. Pelaporan Lokal


Diberikan pada John Archibald, Ashley Remkus, Ramsey Archibald dan Challen Stephens, AL.com; Anna Wolfe, Mississippi Today

Ada dua pemenang; mereka tidak berbagi kategori, tetapi masing-masing menerima jumlah hadiah penuh sebesar USD15.000.

AL.com, Birmingham, reporter menang untuk serangkaian cerita yang mengungkap bagaimana kepolisian di kota Brookside memangsa penduduk untuk menggelembungkan pendapatan.

Pelaporan tersebut membebaskan orang dari penjara, menurut outlet itu, dan mengakibatkan pengunduran diri dan undang-undang baru.

Serial "The Backchannel" dari reporter Mississippi Today, Anna Wolfe, merinci bagaimana pejabat negara bagian menghabiskan jutaan uang kesejahteraan yang seharusnya membantu beberapa orang termiskin di Amerika Serikat.

Dalam satu kasus, Wolfe menulis tentang bagaimana mantan Gubernur Phil Bryant dan legenda NFL Brett Favre bekerja sama untuk menyalurkan setidaknya USD5 juta dari dana kesejahteraan negara bagian untuk membangun stadion bola voli baru di University of Southern Mississippi, tempat putri Favre bermain olahraga tersebut.

6. Laporan Nasional: Caroline Kitchener, The Washington Post


Caroline Kitchener dari The Washington Post menulis tentang konsekuensi kehidupan setelah putusan Mahkamah Agung yang membatalkan Roe v Wade, termasuk cerita tentang wanita yang mencoba menjalani masa setelahnya.

7. Laporan Internasional: The New York Times


Staf The New York Times menang atas liputan mereka tentang invasi Rusia ke Ukraina, termasuk penyelidikan atas kematian warga Ukraina di kota Bucha.

8. Penulisan Feature: Eli Saslow, The Washington Post


Eli Saslow menang atas apa yang disebut Pulitzer sebagai "narasi individu yang menggugah" tentang orang-orang yang berjuang melawan pandemi, tunawisma, kecanduan, dan ketidaksetaraan di Amerika Serikat.

Saslow sejak meninggalkan Post, bergabung dengan The New York Times pada bulan Februari. Menurut pengumuman Times, dia telah menjadi finalis dalam kategori ini tiga kali sebelumnya dan sebelumnya memenangkan Pulitzer untuk laporan penjelasan.

9. Fotografi Berita Breaking: The Associated Press


Satu tim fotografer AP memenangkan Pulitzer untuk gambar "unik dan mendesak" dari minggu-minggu pertama invasi Rusia ke Ukraina.

Meskipun itu adalah penghargaan staf, CEO AP Daisy Veerasingham menulis hadiah tersebut dibagi antara Rodrigo Abd, Bernat Armangue, Felipe Dana, Nariman El-Mofty, Vadim Ghirda, Evgeniy Maloletka, dan Emilio Morenatti.

10. Fotografi Feature: Christina House, Los Angeles Times


Christina House dari Los Angeles Times menang untuk "pandangan intim" ke dalam kehidupan seorang wanita hamil berusia 22 tahun yang tinggal di jalan di dalam tenda.

Itu adalah bagian dari seri yang disebut "Hollywood's Finest", melihat kehidupan tiga wanita tanpa perumahan.

11. Komentar: Kyle Whitmire, AL.com


Kyle Whitmire dari AL.com, Birmingham, menang untuk “State of Denial,” serangkaian yang disebut Pulitzer sebagai “kolom terukur dan persuasif” yang mendokumentasikan bagaimana warisan Konfederasi Alabama masih ada.

12. Kritik: Andrea Long Chu, majalah New York


Andrea Long Chu dari majalah New York memenangkan resensi buku yang menggunakan "berbagai lensa budaya" untuk mengeksplorasi masalah sosial, menurut Pulitzer.

13. Penulisan Editorial


Penghargaan ini diperoleh Nancy Ancrum, Amy Driscoll, Luisa Yanez, Isadora Rangel dan Lauren Costantino, Miami Herald.

Penulis Miami Herald menang untuk “Broken Promises,” serangkaian editorial tentang kegagalan pejabat publik Florida untuk memberikan fasilitas dan layanan yang didanai pembayar pajak yang telah lama dijanjikan kepada penduduk.

14. Pelaporan dan Komentar dengan Ilustrasi


Penghargaan ini diterima Mona Chalabi, The New York Times. Kontributor New York Times, Mona Chalabi menang untuk ilustrasi yang menggabungkan pelaporan statistik dengan analisis untuk membantu pembaca memahami kekayaan luar biasa dan kekuatan ekonomi pendiri Amazon Jeff Bezos.

Hadiah ini menggantikan penghargaan kartun editorial tahun lalu, tepat setelah juri Pulitzer menolak menyebutkan pemenang kartun editorial pada tahun 2021.

15. Jurnalisme Audio: Gimlet Media, terutama Connie Walker


Penghargaan tersebut diberikan kepada staf Gimlet Media, terutama Connie Walker, yang penyelidikan “Stolen: Surviving St. Michael’s” terhadap masa lalu ayahnya yang bermasalah mengungkapkan kisah yang lebih besar tentang pelecehan terhadap ratusan anak Pribumi di satu sekolah perumahan di Kanada.

16. Fiksi


Penghargaan diraih untuk novel “Demon Copperhead” oleh Barbara Kingsolver; "Trust" oleh Hernan Diaz.

Kedua novel masing-masing memenangkan hadiah fiksi. "Demon Copperhead" adalah apa yang oleh Pulitzer disebut sebagai "pembuatan ulang yang ahli dari 'David Copperfield,'" yang berlatar di Appalachia.

Kutipan itu menggambarkan "Trust" sebagai "memukau" dan "pemeriksaan kompleks cinta dan kekuasaan di negara di mana kapitalisme adalah raja."

17. Drama: “English” oleh Sanaz Toossi


" English" Sanaz Toossi adalah "permainan yang sangat kuat," menurut Pulitzer, berpusat pada empat orang dewasa yang sedang mempersiapkan ujian bahasa Inggris di dekat Teheran, Iran.

Drama kelas mengeksplorasi cara-cara di mana bahasa membentuk identitas, pengalaman, dan rasa memiliki di dunia.

Menurut situs web Pulitzer, juri untuk hadiah ini menghadiri pertunjukan di New York dan di teater regional, sementara penghargaan diberikan kepada penulis naskah, produksi sebenarnya dari pertunjukan tersebut diperhitungkan.

18. Sejarah AS


“Freedom’s Dominion: A Saga of White Resistance to Federal Power” atau "Kekuasaan Kebebasan: Kisah Perlawanan Kulit Putih terhadap Kekuatan Federal," oleh Jefferson Cowie meraih penghargaan.

Jefferson Cowie memenangkan hadiah sejarah untuk satu buku yang digambarkan oleh Pulitzer sebagai "catatan resonansi dari satu wilayah Alabama pada abad ke-19 dan ke-20 yang dibentuk oleh kolonialisme dan perbudakan pemukim" yang menggambarkan evolusi supremasi kulit putih.

Secara umum, ini adalah satu-satunya penghargaan seni dan surat, buku, musik, drama, yang dapat diberikan kepada seseorang yang bukan warga negara AS (tetapi buku tersebut harus merupakan sejarah AS).

19. Nonfiksi Umum


“His Name Is George Floyd: One Man’s Life and the Struggle for Racial Justice” atau “Namanya George Floyd: Kehidupan Satu Orang dan Perjuangan untuk Keadilan Rasial,” oleh Robert Samuels dan Toluse Olorunnipa.

Buku oleh dua reporter Washington Post adalah apa yang oleh Pulitzers disebut sebagai "potret intim dan memukau" dari George Floyd, pria yang pembunuhannya oleh petugas polisi Minneapolis pada tahun 2020 memicu gerakan keadilan rasial internasional.

Dewan Pulitzer memindahkannya dari kategori biografi, menurut rilis.

20. Biografi


“G-Man: J. Edgar Hoover dan Pembuatan Abad Am and the Making of the American Century,” oleh Beverly Gage meraih penghargaan.

Hadiah tersebut diberikan kepada biografi direktur lama FBI J Edgar Hoover yang "diteliti secara mendalam dan bernuansa", per kutipan.

21. Memoir atau Autobiografi: “Stay True” oleh Hua Hsu


Memoar Hua Hsu memenangkan kategori ini untuk “akun dewasa yang elegan dan pedih,” menurut Pulitzer.

22. Puisi


“Then the War: And Selected Poems, 2007-2020” atau “Kemudian Perang: Dan Puisi Terpilih, 2007-2020,” oleh Carl Phillips meraih penghargaan.

Puisi Carl Phillips memenangkan apa yang oleh Pulitzer disebut sebagai "koleksi hebat yang mengisahkan budaya Amerika".

23. Musik: “Omar” oleh Rhiannon Giddens dan Michael Abel


“Omar” adalah opera yang inovatif dan menarik tentang orang-orang yang diperbudak yang dibawa ke Amerika Utara dari negara-negara Muslim,” menurut Pulitzer.

Omar ditayangkan perdana Mei lalu di Spoleto Festival USA di Charleston, Carolina Selatan.

Untuk memberikan hadiah kompetisi musik, juri berkumpul di New York untuk mendengarkan rekaman dan mempelajari musiknya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)