Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Tahanan, 45 Serdadu Dibarter 3 Pilot

Minggu, 07 Mei 2023 - 21:00 WIB
loading...
Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Tahanan, 45 Serdadu Dibarter 3 Pilot
Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Tahanan, 45 Serdadu Dibarter 3 Pilot. FOTO/Anadolu Agency
A A A
KIEV - Ukraina mengatakan pada Sabtu (6/5/2023), bahwa 45 tentara kembali ke rumah dalam putaran baru pertukaran tahanan dengan Rusia di tengah perang yang sedang berlangsung. Sejak invasi, Rusia dan Ukraina telah beberapa kali melakukan pertukaran tahanan.

“Sebanyak 42 orang yang dibebaskan adalah laki-laki dan tiga perempuan. Mereka semua adalah prajurit Brigade Azov yang dibentuk sembilan tahun lalu,” kata Kementerian Reintegrasi Ukraina dari Wilayah Pendudukan Sementara, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Pejuang Brigade Azov, yang melakukan sebagian besar pertempuran dalam pertahanan yang gagal di kota pelabuhan Mariupol, dianggap sebagai pahlawan oleh banyak orang Ukraina, tetapi difitnah secara luas di Rusia.

“Tahanan Ukraina yang dibebaskan termasuk 42 pria dan tiga wanita dari batalion Azov,” kata Andriy Yermak, Kepala Kantor Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

“Berita bagus di hari yang cerah ini. Kami pulang ke rumah 45 orang kami. Tiga puluh lima prajurit dan sersan, 10 perwira,” kata Yermak di aplikasi telegram dalam sebuah postingan yang tidak menyebutkan pembebasan tahanan Rusia.



Sebelumnya pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan tiga pilot Rusia dikembalikan dari penahanan di Ukraina.

“Sebagai hasil dari proses negosiasi yang sulit, tiga prajurit Rusia – pilot Pasukan Dirgantara Rusia yang berada dalam bahaya besar saat ditahan – dikembalikan dari wilayah yang dikendalikan oleh rezim Kyiv,” kata sebuah pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pertukaran tahanan sebelumnya antara Rusia dan Ukraina berlangsung pada 16 April, dengan kedua negara mengumumkan pertukaran dari konflik 14 bulan yang sedang berlangsung setiap bulan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)