Anwar Ibrahim Tantang Kubu Oposisi Ajukan Mosi Tidak Percaya

Minggu, 07 Mei 2023 - 20:01 WIB
loading...
Anwar Ibrahim Tantang Kubu Oposisi Ajukan Mosi Tidak Percaya
Anwar Ibrahim Tantang Kubu Oposisi Ajukan Mosi Tidak Percaya. FOTO/Bernama
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim menantang pihak oposisi yang konon berencana menggulingkan pemerintah federal untuk mengajukan mosi tidak percaya pada sidang parlemen berikutnya.

Anwar, yang berbicara selama open house Madani Hari Raya Malaysia di Seremban, Minggu (7/5/2023), menekankan bahwa ia akan membuktikan mayoritas parlemennya bakal menghentikan pembicaraan tentang ketidakstabilan politik dan memungkinkan pemerintah untuk fokus membantu rakyat.



Madani adalah slogan Anwar tentang reformasi Malaysia menjadi negara yang percaya pada kemanusiaan dan nilai-nilai yang baik, seperti pemerintahan yang adil, adil dan efektif.

“Kita harus menjaga stabilitas politik. Parlemen akan duduk dalam dua pekan ke depan dan saya menantang siapa pun atau pihak mana pun yang ingin mengajukan mosi tidak percaya, silakan lakukan. Kami akan berhadapan di parlemen untuk melihat siapa yang memiliki kekuatan,” kata Anwar, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Itu telah mengganggu. Berbisik sana-sini 126, 114, apa ini? Kami terbuka untuk (mosi tidak percaya). Kami akan berjuang di parlemen. Mengapa? Karena saya ingin mengakhiri masalah ketidakstabilan politik ini sehingga kami dapat fokus membantu rakyat," lanjut Anwar.

Sidang parlemen Malaysia berikutnya adalah pada 22 Mei. Media lokal baru-baru ini melaporkan pembicaraan bahwa pemimpin oposisi Hamzah Zainudin telah mendapatkan cukup deklarasi undang-undang (SD) dari Anggota Parlemen (MP) yang mendukungnya sebagai perdana menteri berikutnya.



Portal berita The Vibes pada 24 April menuduh ada rencana untuk mencopot Anwar dari posisinya melalui pemilihan sela di antara anggota parlemen Barisan Nasional (BN) yang tidak mendukungnya.

Menurut laporan itu, beberapa anggota parlemen BN dirayu dan dibujuk untuk mundur dari partainya dan mengorbankan kursinya. Anggota parlemen kemudian dilaporkan akan mencalonkan diri kembali di bawah bendera oposisi Perikatan Nasional (PN).

Anwar menekankan sebelumnya bahwa partai-partai dalam pemerintahan persatuannya cukup kuat untuk bertahan melawan setiap rencana untuk menggulingkan pemerintah. “Sejauh yang kami lihat, posisi (pemerintah) cukup kuat,” tegas Anwar.

Dia juga mengatakan kepada wartawan bahwa empat koalisi politik dalam pemerintah persatuan - BN, Pakatan Harapan (PH), Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Gabungan Rakyat Sabah (GRS) - telah menyatakan komitmennya untuk mempertahankan pemerintah persatuan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)