Eks Pilot AS: Hanya Jet Siluman F-35 yang Mampu Melawan Sistem Rudal S-400 Rusia

Sabtu, 06 Mei 2023 - 05:12 WIB
loading...
Eks Pilot AS: Hanya Jet Siluman F-35 yang Mampu Melawan Sistem Rudal S-400 Rusia
Mengirim jet tempur F-16 AS ke Ukraina dianggap sia-sia karena lawan sepadan untuk sistem rudal S-400 Rusia adalah jet tempur siluman F-35. Foto/EurAsian Times
A A A
WASHINGTON - Jet tempur F-16 tidak memiliki peluang menang melawan sistem pertahanan rudal canggih S-400 Triumph Rusia jika dikirim ke Ukraina. Menurut veteran pilot tempur Amerika Serikat (AS) John Venable, hanya jet tempur siluman F-35 yang mampu melawan senjata pertahanan Moskow tersebut.

Venable, yang sekarang aktif sebagai Senior Research Fellow Defense Policy di Heritage Foundation, mengatakan dirinya adalah pilot jet tempur F-16 sehingga tahu persis peluang pertempuran pesawat tersebut.

Penilaiannya juga berdasarkan wawancaranya dengan selusin pilot operasional dari sebuah tim yang disebut "Weasels".

"Weasels" pada awal 1990-an ditugaskan untuk melakukan triangulasi radar rudal permukaan-ke-udara (SAM) aktif, menentukan lokasi mereka, dan kemudian menyerang mereka dengan pod HARMS Targeting System (HTS).



Dalam komentarnya, Venable membuat kasus untuk F-35: "Weasels sangat mampu, tetapi mereka harus memiliki 'garis pandang' ke target, yang berarti mereka dapat ditembak jatuh oleh ancaman yang mereka coba hancurkan."

Veteran Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan pengalaman 25 tahun ini mengatakan bahwa S-400 SAM Rusia ditugaskan 15 tahun setelah jet tempur F-16 Block 50 dan secara khusus untuk melawan keunggulan pesawat Fighting Falcons.

Selama perang, pilot F-16 harus terbang cukup dekat untuk memaksa operator S-400 menyalakan sistem mereka, mengungkapkan diri mereka kepada Weasels.

“Lebih dari selusin pilot Weasel operasional yang saya wawancarai pada tahun 2017 mengatakan bahwa kehilangan pesawat tempur dari pesawat ganda semacam itu tidak akan berkelanjutan. Masing-masing menyampaikan keyakinan bahwa satu-satunya pesawat tempur yang mampu menghadapi S-400 dan menghindari kerugian tersebut adalah pesawat tempur generasi kelima yang dirancang khusus untuk pertarungan itu—F-35,” tegas Venable, seperti dilansir EurAsian Times, Jumat (5/5/2023).

Perang saat ini adalah antara Rusia dan Ukraina, tetapi kedua belah pihak menerjunkan persenjataan Rusia dan sistem SAM. Keefektifannya melawan pesawat tempur generasi keempat telah menghalangi kedua negara untuk menggunakan kekuatan udara secara sistematis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)