5 Populasi Suku Terbanyak di China, Nomor 4 Sedang Mengalami Tekanan

Jum'at, 05 Mei 2023 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Mereka juga dikenal dengan seni musik, tari, dan seni anyaman tradisional.

Dalam sejumlah laporan muncul suku Uighur ini mengalami tekanan dari otoritas China, baik di tingkat pusat maupun daerah. Meski demikian, tuduhan itu selalu disangkal oleh pemerintah China.

5. Suku Yi


Suku Yi adalah kelompok etnis terbesar keempat di China. Mereka terutama tinggal di wilayah Sichuan, Yunnan, dan Guizhou.

Populasi suku Yi mencapai jutaan jiwa. Suku Yi memiliki bahasa Yi yang beragam, tradisi musik dan tarian yang indah, dan warisan budaya yang kaya.

Mereka dikenal dengan pakaian tradisional mereka yang warna-warni dan rumah panggung khas mereka.

China adalah negara yang kaya akan keberagaman etnis, dengan berbagai kelompok etnis yang memiliki warisan budaya dan sejarah yang unik.

Dalam daftar populasi suku terbanyak di China, kelompok etnis terbesar adalah suku Han, diikuti oleh suku Zhuang, suku Hui, suku Uighur, dan suku Yi. Setiap kelompok etnis ini memiliki identitas budaya yang kuat, bahasa khas, dan tradisi yang berbeda.

Keberagaman budaya dan etnis di China merupakan aset berharga bagi negara tersebut. Pemerintah China telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi dan mempromosikan warisan budaya kelompok etnis minoritas, termasuk dukungan terhadap pengembangan bahasa, seni, dan kegiatan budaya yang khas.

Melalui upaya pemeliharaan dan promosi budaya, China berharap dapat mempertahankan keberagaman etnis sebagai bagian integral dari identitas nasionalnya.

Pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman etnis ini juga berperan penting dalam memperkuat persatuan dan kerukunan di antara masyarakat China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)