Indonesia Beli Eurofighter Typhoon Austria, Su-35 Rusia atau F-35 AS?

loading...
Indonesia Beli Eurofighter Typhoon Austria, Su-35 Rusia atau F-35 AS?
Pesawat jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Austria. Foto/REUTERS
A+ A-
JAKARTA - Indonesia telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi armada jet tempur Eurofighter Typhoon Austria. Ini menjadi rencana pengadaan yang mengejutkan karena Rusia menyatakan proses pembelian 11 jet tempur Su-35 oleh Indonesia masih berlanjut.

Pembelian jet tempur Su-35 Rusia pernah diberitakan media Bloomberg pada Maret 2020—yang mengutip pejabat pertahanan Indonesia—telah batal karena ada ancaman sanksi Washington melalui undang-undangnya; Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA). (Baca: Indonesia Disebut Batal Beli Jet Su-35, Rusia Belum Diberi Tahu)

Menurut laporan tersebut, pihak Jakarta sedang mencari cara menegosiasikan pembelian jet tempur siluman F-35 yang diproduksi Lockheed Martin Amerika Serikat (AS).

Mengutip laporan media Austria, Kronen Zeitung, Selasa (21/7/2020), Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto telah menulis surat kepada mitranya dari Austria; Klaudia Tanner. Dalam suratnya, Prabowo menyatakan minatnya untuk membeli 15 unit Eurofgihter Typhoon milik Angkatan Udara Austria.



"Saya ingin menawarkan membeli 15 pesawat tersebut untuk TNI AU dan semoga proposal saya ini menjadi pertimbangan resmi," tulis Prabowo dalam suratnya. (Baca juga: RI Dilaporkan Batal Beli 11 Jet Tempur Su-35 Rusia karena Diancam AS)

Dalam surat itu, Prabowo mengatakan potensi pembelian Eurofighter Typhoon akan membantu tujuannya untuk melanjutkan memodernisasi Angkatan Udara Indonesia.

Dia memahami "sensitivitas" dari usulannya, yang kemungkinan akan menjadi referensi untuk kontroversi lanjutan seputar akuisisi jet tempur Typhoon Austria tahun 2002. Pembelian itu telah dirundung pertanyaan tentang biaya dan efektivitas pesawat.



Selain mengejutkan, rencana pembelian 15 unit Eurofighter Typhoon Austria ini juga membingungkan publik. Sebenarnya, jet tempur mana yang akan dibeli Indonesia; apakah Eurofighter Typhoon Austria, jet tempur Su-35 Flanker Rusia atau justru jet tempur siluman F-35 Lightning II AS?
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top