Jet Tempur Su-35 Rusia Tantang F-16 Amerika Duel di Wilayah Udara Suriah

Sabtu, 29 April 2023 - 10:30 WIB
loading...
Jet Tempur Su-35 Rusia Tantang F-16 Amerika Duel di Wilayah Udara Suriah
Jet tempur Su-35 Rusia menantang F-16 Amerika Serikat untuk dogfight atau pertempuran udara di wilayah udara Suriah. Foto/REUTERS
A A A
DUBAI - Pilot jet tempur Su-35 Rusia baru-baru ini menantang pilot jet tempur F-16 Amerika Serikat (AS) untuk dogfight atau duel di wilayah udara Suriah. Hal itu diungkap Kepala Komando Pusat Angkatan Udara (AFCENT) AS Letnan Jenderal Alexus Grynkewich.

Menurut jenderal bintang tiga yang bertanggung jawab atas operasi udara AS di Timur Tengah itu pilot Rusia memulai dengan mendengungkan jet tempurnya ke dekat jet tempur Amerika di atas Suriah. Grynkewich menyimpulkan manuver itu sebagai ajakan untuk pertempuran udara.

"Penerbang Rusia semakin agresif dalam pendekatan mereka dan manuver agresif, hampir seperti mereka mencoba untuk pertempuran udara," kata Jenderal Grynkewich kepada Defense One, Sabtu (29/4/2023).

"Protokol kami akan mengatakan kami harus tinggal...terpisah beberapa mil dan hanya memantau satu sama lain."



Dia memperingatkan penerbang Amerika untuk tidak terlibat dogfight dengan jet tempur Rusia.

“Kami tidak akan bertindak seperti mereka,” kata Grynkewich. "Kami akan bertindak secara profesional, dan kami akan mencoba meredakan situasi."

Selama berbulan-bulan, Grynkewich telah memperingatkan tentang tindakan yang semakin bermusuhan oleh pasukan Rusia di Suriah, di mana Moskow mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara 12 tahun yang telah menewaskan ratusan ribu warga sipil dan menelantarkan lebih dari setengah populasi negara itu sebelum perang.

Sekitar 900 personel AS tetap berada di Suriah dengan klaim untuk memberi saran dan membantu pasukan pemberontak yang memerangi pasukan pemerintah.

Pentagon juga terus meluncurkan serangan udara dan serangan dari tempat lain di kawasan itu dalam misi selama satu dekade untuk menahan kelompok ISIS di dalam wilayah Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)