alexametrics

Diam-diam, Jet Tempur China dan Jepang Adu Kuat di Laut China Timur

loading...
Diam-diam, Jet Tempur China dan Jepang Adu Kuat di Laut China Timur
Jet tempur F-15 Jepang dikerahkan dari pangkalan di Naha, Okinawa. Foto/Kyodo
A+ A-
BEIJING - Pasukan Bela Diri Udara Jepang mengerahkan jet tempur setiap saat pesawat militer China terdeteksi terbang dari pangkalan udara di provinsi fujian dengan asumsi mereka menyelidiki pertahanan Jepang di sekitar kepulauan sengketa di Laut China Timur.

Eskalasi aktivitas terjadi di atas Kepulauan Diaoyu yang dikontrol Jepang. Jepang menyebut kepulauan itu Senkaku. "Jepang pun secara efektif meluncurkan patroli udara tempur dari subuh hingga senja di atas kepulauan itu," ungkap sumber pemerintah pada Kyodo News.

Sebelumnya, jet tempur Jepang hanya dikerahkan untuk merespon sejumlah ancaman spesifik.

China sebelumnya menggelar operasi udara dekat Diaoyu dari pangkalan di provinsi Zhejiang tapi jet tempurnya tahun lalu dipindahkan ke fasilitas di Fujian.



Itu artinya jet tempur China, j-11 dapat mencapai wilayah udara sengketa di atas kepulauan itu paling cepat dalam waktu 20 menit.

Pangkalan udara Jepang di Naha, pulau utama di Okinawa, berjarak 410 km dari Diaoyu, penerbangan membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk jet tempur F-15 milik Jepang.



Kehadiran rutin di atas kepulauan itu sangat mahal bagi Jepang, tapi taktik itu membuat para pilot Jepang dapat mencegat dan menghalangi jet China di garis pertahanan yang terletak di 27 derajat garis lintang utara.

Jepang juga mengerahkan lebih banyak pesawat dalam operasi itu, termasuk saat mencegat satu jet tempur China di dua jet. Jumlah itu pun ditambah dan kini setiap satu pesawat China akan dihadang oleh empat jet F-15 Jepang.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak