alexametrics

Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir

loading...
Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir
Kota adalah lanskap peradaban manusia. Pun dengan kota-kota yang didirikan di tengah gurun pasir. Kota-kota ini memiliki sihirnya sendiri hingga menarik minat pendatang. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
KOTA adalah lanskap peradaban manusia. Sebuah kota umumnya dipadati dengan penduduk yang ramai dengan bangunan-bangunan tinggi dan berada di lokasi strategis serta mudah dijangkau.

Namun apa jadinya jika sebuah kota hidup dikelillingi gurun pasir? Berikut kota-kota eksotis di dunia yang dibangun di atas gurun pasir. (Baca juga: 7 Gurun Pasir Paling Eksotis di Dunia)

1. Las Vegas (AS)

Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir




Sering disebut hanya dengan nama sederhana Vegas, ini adalah kota terpadat di negara bagian Nevada dan dikenal sebagai tempat peristirahatan, perjudian, serta sejumlah kegiatan lainnya seperti berbelanja, makan mewah, hiburan dan kehidupan malam. Vegas memiliki banyak megahotels serta kasino yang menjamur. (Baca juga: Tyson, Coronavirus: Ketika Surga Tinju Dunia di Las Vegas Tutup)

2. Kairo (Mesir)



Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir


Kairo juga merupakan salah satu kota terbesar di dunia Arab dengan populasi lebih dari 30 juta. Secara global, Kairo berada di peringkat ke-6 sebagai kota terbesar di dunia.

Dalam hal reputasi kota, Kairo sering dikaitkan dengan Mesir kuno dengan piramida Giza yang terkenal dan kota kuno Memphis. Kota ini juga memiliki industri film dan musik mapan serta lembaga pendidikan tinggi yang mapan. (Baca juga: Begini Isi Surat Al-Fatih kepada Sultan Mesir tentang Penaklukan Konstantinopel)

3. Teheran (Iran)

Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir


Teheran adalah kota di Timur Tengah yang berkembang pesat serta dikenal dengan iklim gurunnya serta kepadatan populasinya. Penduduk kota ini diperkirakan berjumlah 8,7 juta. Daerah metropolitan menampung banyak koleksi bersejarah termasuk artefak dari dinasti sebelumnya. Mayoritas wilayah berbahasa Persia.

Menariknya, pola cuaca di daerah ini sangat beragam, dengan rentang dari dingin dan basah di musim dingin hingga panas dan kering di musim panas. (Lihat grafis: Jejak Hilangnya Palestina dari Google Maps dan Apple Maps)

4. Lima (Peru)

Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir


Lima adalah ibu kota dan kota terbesar di Peru dan seperti semua kota ramai lainnya dalam daftar ini terletak di bioma gurun pasir. Lima terletak di lembah-lembah beberapa sungai dan menghadap ke Samudra Pasifik. Kota ini pada 2019 memiliki populasi lebih dari 9 juta.

Kota ini dikenal dengan lembaga pendidikan tinggi, salah satunya Universitas Nasional San Marcos yang berdiri sejak 1551. Kota ini sekarang dianggap sebagai pusat politik, budaya , dan keuangan di Peru. (Lihat foto: Berolahraga di Proyek Jalan Tol)

5. Lusail (Qatar)
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak