Jet Kepresidenan Meksiko Dijual ke Tajikistan Rp1,3 Triliun

Sabtu, 22 April 2023 - 02:00 WIB
loading...
Jet Kepresidenan Meksiko Dijual ke Tajikistan Rp1,3 Triliun
Jet Kepresidenan Meksiko Dijual ke Tajikistan Rp1,3 Triliun. FOTO/Reuters
A A A
MEXICO CITY - Jet kepresidenan Meksiko telah dijual ke Tajikistan , kata pemerintah pada Kamis (20/4/2023). Ini tampaknya menutup babak terakhir kisah politik yang digunakan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador untuk menyerang ekses para pendahulunya.

Seperti dilaporkan Reuters, Obrador mengumumkan dalam sebuah posting di Twitter, bahwa harga jual yang disepakati untuk Boeing 787 Dreamliner yang digunakan oleh pendahulunya, Enrique Peña Nieto - tetapi tidak pernah olehnya - adalah sekitar 1,66 miliar peso, atau sekitar USD92 juta (Rp1,3 triliun).



Dalam sebuah video yang menyertai postingan tersebut, presiden mengatakan, penjualan tersebut menunjukkan bagaimana politik Meksiko telah berubah di bawah kepemimpinannya.

"Penting bagi semua orang untuk mengetahui bagaimana orang berpikir sebelumnya, bagaimana pihak berwenang bertindak, seperti firaun kecil," katanya sambil duduk di kursi tinggi berlapis kulit, diapit oleh para pejabat.

Rincian lebih lanjut tentang penjualan pesawat ke negara Asia Tengah itu akan diungkapkan minggu depan, termasuk apa yang dia gambarkan sebagai biaya perawatan pesawat yang sangat tinggi.



Salah satu pejabat presiden, Jorge Mendoza, kepala bank pembangunan nasional Banobras, mengatakan dewan negara Tajikistan yang membeli pesawat itu memiliki waktu sekitar 10 hari untuk mengambilnya.

Kaum kiri populis yang selama beberapa dekade mencela korupsi elit politik, sebelumnya mengatakan dia berharap untuk menjual pesawat setidaknya USD150 juta, turun dari harga pembelian awal USD218 juta pada tahun 2012.

Tak lama setelah Lopez Obrador menjabat pada akhir 2018, dia mengumumkan rencana untuk menjual jet tersebut, yang menampilkan sentuhan marmer dan segel resmi pemerintah terpampang di dinding bersama dengan beberapa monitor layar datar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)