Wakil PM Inggris Dominic Raab Mengundurkan Diri

Jum'at, 21 April 2023 - 18:00 WIB
loading...
Wakil PM Inggris Dominic Raab Mengundurkan Diri
Wakil PM Inggris Dominic Raab Mengundurkan Diri. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Wakil Perdana Menteri Inggris , Dominic Raab mengundurkan diri dari pemerintah pada Jumat (21/4/2023). Pengunduran diri ini terjadi menyusul penyelidikan independen terhadap keluhan bahwa dia menindas rekannya.

Kasus ini merupakan skandal terbaru yang memaksa salah satu menteri utama PM Inggris, Rishi Sunak mundur dari posisinya. Hilangnya menteri senior ketiga atas perilaku pribadi mereka dalam 6 bulan terakhir akan merusak upaya Sunak untuk menghidupkan kembali kekayaan Partai Konservatif yang berkuasa.



Pengunduran diri Raab terjadi hanya dua minggu sebelum pemilihan dewan lokal Inggris, di mana Konservatif Sunak diprediksi akan mengalami nasib buruk. Kantor Sunak menolak berkomentar.

"Saya menyerukan penyelidikan dan berjanji untuk mengundurkan diri jika menemukan intimidasi apa pun," kata surat Raab. "Saya percaya penting untuk menjaga kata-kata saya," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Sebagai Wakil Perdana Menteri, Raab tidak memiliki kekuasaan formal, tetapi menggantikan Perdana Menteri jika dia jauh dari parlemen atau tidak mampu. Namun, dia adalah sekutu politik dekat Sunak dan membantu meluncurkan kampanyenya untuk menjadi perdana menteri musim panas lalu.



Pengunduran diri juga tidak akan banyak memperbaiki persepsi publik tentang pemerintahannya, setelah masa jabatan Boris Johnson yang penuh skandal dan kekacauan kebijakan ekonomi yang menjatuhkan Liz Truss setelah kurang dari dua bulan.

Investigasi selama berbulan-bulan atas perilaku Raab mendengar bukti dari beberapa pejabat pemerintah tentang keluhan intimidasi di tiga departemen berbeda.

Raab, yang juga Menteri Kehakiman, meminta penyelidikan pada November menyusul pengaduan resmi tentang perilakunya dari pejabat pemerintah. Dia mengatakan, dia merasa "terikat kewajiban" untuk menerima hasil penyelidikan tetapi juga dengan gigih membela perilakunya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)