Tegang! Angkatan Laut Iran Paksa Kapal Selam AS Muncul ke Permukaan saat Masuk Teluk

Kamis, 20 April 2023 - 18:06 WIB
loading...
Tegang! Angkatan Laut Iran Paksa Kapal Selam AS Muncul ke Permukaan saat Masuk Teluk
Kapal selam USS Florida muncul ke permukaan. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Angkatan laut Iran memaksa kapal selam Amerika Serikat (AS) untuk muncul ke permukaan saat memasuki Teluk.

Kabar tersebut diungkapkan komandan angkatan laut Iran Shahram Irani kepada televisi pemerintah pada Kamis (20/4/2023).

“Kapal selam AS mendekat saat berada di bawah permukaan air, tetapi kapal selam Iran Fateh mendeteksinya dan melakukan ... manuver untuk memaksanya muncul ke permukaan saat melewati Selat (Hormuz). Itu juga masuk ke perairan teritorial kami tapi ... itu mengoreksi jalurnya setelah diperingatkan,” ungkap Irani.

Angkatan Laut AS pekan lalu mengatakan kapal selam bertenaga nuklir dengan peluru kendali USS Florida beroperasi di Timur Tengah untuk mendukung Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain.

Konflik antara Iran dan Amerika Serikat adalah salah satu konflik yang paling kompleks dan berkelanjutan di dunia saat ini.



Meskipun ada beberapa insiden terkenal seperti kudeta 1953 dan krisis sandera pada 1979, konflik ini mencakup berbagai isu seperti program nuklir Iran, dukungan Iran terhadap gerakan-gerakan militan di Timur Tengah, dan hubungan diplomatik yang tegang.

Isu utama yang memicu konflik ini adalah program nuklir Iran. Amerika Serikat dan beberapa negara lain percaya Iran sedang mengembangkan senjata nuklir, sementara pemerintah Iran membantah klaim tersebut.

Teheran mengatakan program nuklir mereka hanya untuk tujuan damai. Sanksi ekonomi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya atas program nuklir Iran menjadi salah satu pemicu ketegangan antara kedua negara.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)