Pertengahan 2023, Populasi India Akan Lebih Banyak Dibanding China

Rabu, 19 April 2023 - 21:06 WIB
loading...
Pertengahan 2023, Populasi India Akan Lebih Banyak Dibanding China
Pertengahan 2023, Populasi India Akan Lebih Banyak Dibanding China. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - India sedang dalam perjalanan untuk menjadi negara terpadat di dunia, menyalip China dengan hampir tiga juta orang lebih pada pertengahan tahun ini. Hal itu terungkap dalam data yang dirilis oleh PBB.

Data demografis yang dirilis pada Rabu (19/4/2023), oleh United Nations Population Fund (UNFPA) memperkirakan populasi India mencapai 1.4286 miliar jiwa. Sementara populasi China berada di angka 1.4257 miliar jiwa.



Amerika Serikat berada jauh di urutan ketiga, dengan perkiraan populasi 340 juta jiwa, menurut data UNFPA’s State of World Population Report, 2023.

Laporan itu mengatakan, delapan negara akan mencapai setengah dari proyeksi pertumbuhan populasi global pada tahun 2050. Negara-negara tersebut adalah Republik Demokratik Kongo (DRC), Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania.

Pakar populasi yang menggunakan data sebelumnya dari PBB memproyeksikan India akan melewati China bulan ini. Namun, laporan terbaru dari badan global tersebut tidak menentukan tanggal kapan perubahan itu akan dilakukan.

Pejabat kependudukan PBB mengatakan, tidak mungkin untuk menentukan tanggal karena "ketidakpastian" tentang data yang keluar dari India dan China, terutama sejak sensus terakhir India dilakukan pada tahun 2011 dan yang berikutnya pada tahun 2021 telah ditunda karena pandemi.



Meskipun India dan China akan mencapai lebih dari sepertiga dari perkiraan populasi global sebesar 8,045 miliar, pertumbuhan populasi di kedua raksasa Asia tersebut telah melambat, dengan kecepatan yang jauh lebih cepat di China daripada di India.

Tahun lalu, populasi China turun untuk pertama kalinya dalam enam dekade. Ini adalah perubahan bersejarah yang diperkirakan akan menandai dimulainya periode panjang penurunan jumlah warganya dengan implikasi mendalam bagi ekonominya dan dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)