4 Perbedaan Tradisi Idulfitri di Negara-negara Timur dan Barat

Rabu, 19 April 2023 - 17:05 WIB
loading...
4 Perbedaan Tradisi Idulfitri di Negara-negara Timur dan Barat
4 Perbedaan Tradisi Idulfitri di Negara-negara Timur dan Barat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Tradisi Idulfitri di setiap negara tentu memiliki perbedaan tersendiri. Terlebih ketika negara di wilayah timur yang notabene mayoritas berpenduduk muslim , sudah pasti berbeda dengan negara yang ada di wilayah barat.

Tradisi Idulfitri pada umumnya akan dilaksanakan setelah berakhirnya bulan Ramadhan atau menjelang penampakan hilal yang menandai berakhirnya ibadah puasa. Masing-masing negara pun memiliki tradisi yang berbeda untuk merayakannya. Termasuk negara-negara wilayah timur dan barat.

Berikut empat perbedaan perayaan tradisi Idul Fitri di negara-negara timur dan barat

1. Liburan


Sebagian besar negara-negara yang berada di wilayah timur akan merayakan tradisi liburan selama cuti bersama berlangsung. Selain liburan, mereka akan juga akan menggunakan waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi kepada teman dan keluarganya.

Berbeda dengan negara di wilayah barat, pada saat perayaan Idulfitri sebagian besar diantara mereka sibuk untuk memberikan hadiah dan amal kepada para tetangga serta orang-orang yang membutuhkannya.

2. Makan Makanan Khas di negaranya


Sudah menjadi tradisi masyarakat di negara timur jika pada saat perayaan Idulfitri para tamu yang datang bersilaturahmi akan disajikan menu khas di negaranya. Beberapa negara yang melaksanakan tradisi ini seperti Indonesia, Malaysia dan Arab Saudi.

Namun tradisi tersebut berbeda jika dihadapkan dengan negara-negara yang ada di wilayah barat. Sebagian besar diantara mereka akan menyajikan makanan manis saat lebaran tiba, diantaranya seperti permen dan makanan manis yang lainnya.


3. Memakai Pakaian yang Terbaik


Memakai pakaian yang terbaik merupakan salah satu tradisi pada Hari Raya Idulfitri di sebagian besar negara di wilayah timur. Bahkan sebagian besar masyarakatnya akan berusaha membeli pakaian baru untuk dipakai pada hari perayaan tersebut.

Sementara itu, di sebagian besar masyarakat di negara barat akan merayakan Idulfitri hanya dengan menggunakan pakaian muslim sederhana. Namun ada juga beberapa diantara mereka yang menggunakan celana pesta atau pakaian formal khas barat lainnya.

4. Mengumandangkan Takbir di Masjid


Sebagai wilayah yang memiliki penduduk mayoritas muslim, negara-negara timur ketika akan merayakan Idulfitri terlebih dahulu merayakannya di dalam masjid. Mereka akan mengumandangkan takbir bersama-sama dengan diikuti para jamaahnya.

Tradisi semacam itu tidak dapat dilaksanakan di negara-negara barat. Hal tersebut dikarenakan populasi umat Islamnya yang sedikit dan jumlah masjidnya pun tergolong sempit. Oleh karena itu, sebagian besar mereka akan mengumandangkan takbir di dalam rumah bersama anggota keluarganya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)