Negara-negara Asia dan Timur Tengah yang Ingin Gabung BRICS

Selasa, 18 April 2023 - 14:49 WIB
loading...
Negara-negara Asia dan Timur Tengah yang Ingin Gabung BRICS
BRICS memiliki anggota Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - BRICS merupakan forum bisnis internasional yang menaungi negara Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Organisasi ini dibentuk sejak 2006 dengan nama awal BRIC, sebelum Afrika Selatan bergabung pada September 2010.

Terbentuknya organisasi tersebut diawali dari pertemuan para menteri luar negeri (menlu) yang didasari oleh perkembangan ekonomi negaranya yang pesat, namun khawatir kepada dampak global yang akan dirasakan.

Saat ini, BRICS dianggap memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kestabilan ekonomi global, dengan menguasai 17% pasar global dan menyumbang sepertiga PDB dunia.

Selain itu, negara anggota BRICS dianggap sebagai raksasa ekonomi dunia saat ini.

Tak heran jika hal tersebut membuat sejumlah negara tertarik untuk bergabung menjadi anggota BRICS, termasuk negara dari Asia. Berikut daftar negara di Asia yang tertarik untuk gabung dengan BRICS.

1. Indonesia


Indonesia sudah menaruh perhatian khusus pada BRICS sejak KTT ke-12 BRICS yang digelar secara virtual pada 17 November 2020.

Indonesia berharap menjadi salah satu anggota BRICS karena mekanisme yang dimiliki BRICS dipandang sebagai teladan pelaksanaan kerja sama multilateral di bidang ekonomi.

Keinginan Indonesia bergabung dalam BRICS tidak hanya untuk menyelesaikan kesulitan ekonomi dan sosial masa kini, namun juga demi perkembangan lebih pesat pada masa depan.

2. Arab Saudi


Diketahui, Arab Saudi sudah mengirimkan pengajuan resmi untuk dapat bergabung menjadi bagian dari BRICS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)