Jokowi Perlu Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Lakukan Reshuffle

Sabtu, 09 Januari 2016 - 10:20 WIB
Jokowi Perlu Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Lakukan Reshuffle
Jokowi Perlu Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Lakukan Reshuffle
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, terdapat empat hal yang harus diperhatikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika ingin melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Yang pertama, kata dia, Jokowi harus melakukan evaluasi kinerja. Menurut Hanta, kinerja para menteri adalah hal paling pertama yang harus diperhatikan Jokowi.

Apabila kinerja seorang menteri itu tidak sesuai dengan Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, maka seharusnya itu bisa menjadi pertimbangan Jokowi untuk mengganti menterinya.

Kemudian yang kedua adalah evaluasi publik. Menurut Hanta, penilaian publik juga sangat penting. "Tapi evaluasi publik tidak boleh menjadi domain, presiden harus mengutamakan evaluasi kinerja," ujar Hanta dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya bertajuk 'Buruk Kinerja, Kabinet Terbelah' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/1/2016).

Kemudian yang ketiga adalah evaluasi politik. Penilaian politik, kata Hanta, juga menjadi hal yang sangat penting untuk Jokowi dalam melakukan reshuffle.

"Ini tidak bisa ditinggalkan, karena pasti seorang menteri meski kinerjanya bagus tapi jika dukungan politiknya rendah, dia tidak akan menonjol," ucapnya.

Yang terakhir adalah evaluasi loyalitas. Seorang menteri juga harus mengutamakan loyalitasnya kepada presiden. "Jadi bukan loyal pada wakil presiden, partai politik ataupun pengusaha," tegas Hanta.

PILIHAN:
PKS Tegaskan Tetap di KMP Meski Hanya Berdua dengan Gerindra

KMP Segera Bahas Kemungkinan Golkar Masuk Kabinet Jokowi-JK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0431 seconds (0.1#10.140)