Hasil Jajak Pendapat Jelang Pemilu, PM Thailand Tertinggal dari Saingannya

Minggu, 16 April 2023 - 21:30 WIB
loading...
Hasil Jajak Pendapat Jelang Pemilu, PM Thailand Tertinggal dari Saingannya
Hasil Jajak Pendapat Jelang Pemilu, PM Thailand Tertinggal dari Saingannya. FOTO/Reuters
A A A
BANGKOK - Perdana Menteri Thailand , Prayut Chan-o-cha masih tertinggal dari calon partai oposisi utama. Hal itu terungkap dalam jajak pendapat terbaru menjelang pemilihan umum di negara Asia Tenggara itu bulan depan.

Seperti dilaporkan Reuters, pemilihan 14 Mei akan menjadi pertempuran antara partai-partai yang bersekutu dengan pembentukan pro-militer konservatif dan partai Pheu Thai yang didukung keluarga miliarder Shinawatra, yang dipimpin oleh Paetongtarn Shinawatra, putri berusia 36 tahun dan keponakan dari dua mantan perdana menteri.



Partai Pheu Thai unggul dengan 38,89 persen dalam survei nasional oleh media lokal Matichon dan Daily News yang dilakukan pekan lalu, diikuti oleh Partai Maju, yang dipimpin oleh politisi oposisi Pita Limjaroenrat, dengan 32,37 persen.

Partai Persatuan Bangsa Thailand pimpinan Prayut berada di tempat ketiga dengan 12,84 persen. Mantan panglima militer Prayut, 69, telah memimpin Thailand selama lebih dari delapan tahun sejak dia menggulingkan pemerintah sipil dalam kudeta tahun 2014.

Ditanya siapa yang mereka sukai untuk menjadi PM berikutnya, 29,42 persen responden jajak pendapat mendukung Pita, diikuti oleh Paetongtarn dengan 23,23 persen, sementara Prayuth mengekor di tempat keempat dengan 13,72 persen.



Namun, Paetongtarn dan dua calon perdana menteri partainya lainnya, raja real estat populer Sretta Thavisin, dan pendukung partai Chaikasem Nitisiri, bersama-sama didukung oleh sekitar 40 persen responden.

Sebuah survei terpisah oleh Super Poll menunjukkan tidak akan ada kemenangan telak, dengan Partai Pheu Thai menerima 160 dari 500 kursi parlemen, diikuti oleh partai Bhumjaithai, yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul, dengan 121 kursi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)