Penyelidik FBI: Pembajak 9/11 Diberi Rekening Bank dan Apartemen California atas Perintah CIA

Jum'at, 14 April 2023 - 10:33 WIB
loading...
Penyelidik FBI: Pembajak 9/11 Diberi Rekening Bank dan Apartemen California atas Perintah CIA
Pembajak 9/11 Nawaf Al-Hazmi (kiri) dan Khalid Al-Mihdhar adalah orang pertama yang tiba di AS ketika mereka mendarat di Los Angeles pada Januari 2000. Foto/FBI file
A A A
WASHINGTON - Pengajuan hukum yang luar biasa mengungkapkan dua pembajak yang bertanggung jawab atas serangan teror 11 September (9/11) memiliki hubungan yang jauh lebih dekat dengan Central Intelligence Agency (CIA) daripada yang diketahui sebelumnya.

“Setidaknya dua dari pembajak 9/11 sedang diawasi secara ketat oleh CIA dan bahkan mungkin telah direkrut oleh agensi itu jauh sebelum mereka membantu menerbangkan sepasang Boeing 767 ke World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001,” ungkap dokumen yang baru dirilis.

Pengajuan pengadilan yang mencengangkan berisi kesaksian luas oleh beberapa penyelidik FBI yang berpendapat CIA menghalangi penyelidikan resmi atas serangan teroris yang terkenal itu untuk menyembunyikan hubungannya dengan al-Qaeda.

Mungkin yang lebih mengejutkan lagi, seorang agen FBI menjelaskan rekening bank Amerika Serikat (AS) dibuka untuk dua pembajak, dan satu apartemen yang berbasis di San Diego disewakan untuk mereka, “atas perintah CIA.”



Para skeptis telah lama memfokuskan perhatian mereka pada hubungan yang sangat dekat antara pembajak 9/11 Nawaf al-Hazmi dan Khalid al-Mihdhar dan tersangka agen intelijen Arab Saudi Omar al-Bayoumi, yang mengatur gaji tetap serta akomodasi untuk pasangan tersebut segera setelah mereka datang di AS.

Al-Bayoumi secara terbuka menyatakan kemurahan hatinya yang luar biasa terhadap mereka hanya didasarkan pada “pertemuan kebetulan” di satu restoran setelah mereka mendarat di California.

Menurut salah satu agen, yang memiliki kode nama “CS-23” dalam dokumen tersebut, CIA telah lama bekerja menghalangi penyelidikan FBI atas serangan teroris tahun 2001, sebagian dengan menolak membocorkan informasi mengenai hubungan badan tersebut dengan al-Bayoumi.

Menurut CS-23, ketika pertama kali ditanya, "pejabat CIA menanggapi kantor lapangan (FBI) San Diego dan melaporkan CIA tidak menyimpan file tentang al-Bayoumi," klaim yang dikatakan agen itu adalah "kebohongan".

CS-23 menjelaskan, “CIA mempertahankan 'file operasional' tentang Omar al-Bayoumi” dan hubungan mereka telah meninggalkan “jejak kertas” yang nyata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)