Rusia Klaim Berhasil Kepung Bakhmut, Ukraina Membantah

Jum'at, 14 April 2023 - 01:30 WIB
loading...
Rusia Klaim Berhasil Kepung Bakhmut, Ukraina Membantah
Rusia Klaim Berhasil Kepung Bakhmut, Ukraina Membantah. FOTO/Reuters
A A A
BAKHMUT - Rusia mengatakan pada Kamis (13/4/2023), bahwa pihaknya telah mengepung pasukan Ukraina di dalam kota Bakhmut. Sementara Kiev bersikeras jalur pasokan masih terbuka ke kota itu.

AFP tidak dapat memverifikasi status di Bakhmut, yang telah berubah menjadi medan pertempuran terpanjang dan paling berdarah sejak Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu.



Pasukan Rusia telah bertempur sejak musim panas lalu untuk merebut kota itu, yang memiliki populasi 70.000 orang sebelum perang. Menguasai Bakhmut akan menjadi kemenangan simbolis bagi Rusia.

Tentara Rusia mengatakan, pasukan Lintas Udaranya "memblokir transfer cadangan tentara Ukraina ke kota dan kemungkinan mundurnya unit musuh". Juga dikatakan bahwa unit tentara bayaran Wagner sedang bergerak maju di Bakhmut.

Tetapi tentara Ukraina mengatakan kepada AFP, bahwa mereka berkomunikasi dengan pasukannya di dalam Bakhmut dan dapat mengirimkan amunisi kepada mereka.



"Ini tidak sesuai dengan kenyataan," kata Sergiy Cherevaty, juru bicara pasukan timur Ukraina, mengacu pada klaim Rusia. "Kami dapat mengirimkan produk makanan, amunisi, obat-obatan, semua yang diperlukan, dan juga memulihkan luka-luka kami," lanjutnya.

Menambah kebingungan pada situasi di lapangan, Yevgeny Prigozhin, kepala paramiliter Rusia Wagner, juga meragukan klaim Moskow, dengan mengatakan "terlalu dini" untuk berbicara tentang pasukan Rusia yang mengepung Bakhmut.

"Angkatan Bersenjata Ukraina terus mengerahkan cadangan dan mentransfernya," kata kantor pers Prigozhin di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)