Trump Yakin Rusia Tidak Meledakkan Pipa Nord Stream

Rabu, 12 April 2023 - 20:15 WIB
loading...
Trump Yakin Rusia Tidak Meledakkan Pipa Nord Stream
Trump Yakin Rusia Tidak Meledakkan Pipa Nord Stream. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak mengungkapkan siapa yang bertanggung jawab atas sabotase Nord Stream . Tetapi, ia meyakinkan bahwa itu jelas bukan Rusia.

"Saya tidak ingin membuat negara kita dalam masalah, jadi saya tidak akan menjawabnya," kata Trump kepada saluran TV Fox News dalam sebuah wawancara pada hari Selasa (11/4/2023), menjawab pertanyaan tentang siapa yang berada di balik sabotase tersebut.



"Tapi saya dapat memberi tahu Anda siapa [pelaku sabotase] itu bukan: Rusia," kata mantan Presiden AS itu.

"Ketika mereka menyalahkan Rusia, Anda tahu, mereka mengatakan Rusia meledakkan pipanya sendiri," kata Trump, menunjuk ke absurdan versi itu. "Itu bukan Rusia," tegasnya.

Pada tanggal 27 September, Nord Stream AG melaporkan kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya di tiga utas pipa Nord Stream yang terjadi sehari sebelumnya. Seismolog Swedia mencatat dua ledakan pada 26 September di sepanjang jalur pipa. Jaksa Rusia mulai menyelidiki insiden itu sebagai serangan teroris internasional.



Pada 8 Februari, jurnalis investigasi AS Seymour Hersh menerbitkan sebuah artikel, yang mengatakan, mengutip sumber, bahwa penyelam Angkatan Laut AS telah menanam alat peledak di bawah pipa gas Nord Stream 1 dan 2 di bawah kedok latihan BALTOPS pada Juni 2022, dan orang Norwegia diaktifkan bom tiga bulan kemudian.

Menurut wartawan tersebut, keputusan untuk melakukan operasi tersebut dibuat oleh Presiden AS Joe Biden secara pribadi, setelah sembilan bulan berdiskusi dengan spesialis keamanan Gedung Putih.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)