Israel Jual Rudal Anti Tank Rp5,9 Triliun ke Yunani

Selasa, 11 April 2023 - 01:30 WIB
loading...
Israel Jual Rudal Anti Tank Rp5,9 Triliun ke Yunani
Israel Jual Rudal Anti Tank Rp5,9 Triliun ke Yunani. FOTO/Reuters
A A A
TEL AVIV - Israel menandatangani kesepakatan senilai USD400 juta (Rp5,9 triliun) untuk menjual rudal anti-tank Spike ke Yunani. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Israel, Senin (10/4/2023).

Penjualan rudal ke Yunani ini disetujui hanya beberapa hari setelah Israel mencapai kesepakatan berukuran serupa untuk memberikan pertahanan udara kepada negara anggota NATO yang baru dilantik, Finlandia.



Spike adalah peluru kendali anti-tank yang digunakan oleh banyak negara Uni Eropa dan NATO yang diproduksi oleh kontraktor pertahanan Israel Rafael.

“Rudal Spike akan memperkuat portofolio alat operasional tentara Yunani dan kami mengharapkan perluasan lebih lanjut melalui kolaborasi strategis dalam waktu dekat,” kata CEO Rafael, Yoav Har-Even, seperti dikutip dari Reuters.

Menteri pertahanan Israel mengatakan, perjanjian itu memperkuat hubungan antar negara. Pekan lalu Israel dan Rafael mengatakan mereka akan menyediakan sistem pertahanan udara canggih David's Sling ke Finlandia, setelah secara resmi bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara pada 4 April.



Finlandia akan menerima sistem pertahanan yang dirancang untuk mencegat rudal balistik dan jelajah dalam kesepakatan senilai USD345 juta. Itu masih membutuhkan persetujuan dari Amerika Serikat, yang terlibat dalam pengembangan sistem.

Aksesi Finlandia, mengakhiri tujuh dekade non-blok militer, secara kasar menggandakan panjang perbatasan yang dibagi NATO dengan Rusia dan memperkuat sayap timurnya saat perang di Ukraina berlanjut tanpa ada resolusi yang terlihat. Itu juga menarik ancaman dari Moskow untuk tindakan balasan.

Finlandia mengatakan kesepakatan dengan Israel akan secara signifikan meningkatkan kemampuannya, dan Israel menyebutnya sebagai "lompatan kuantum" dalam kolaborasi pertahanan antar negara.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)