Perbandingan Harga Hotel di Makkah dan Madinah di 10 Hari Terakhir Ramadan dengan Hari Biasa

Senin, 10 April 2023 - 15:44 WIB
loading...
Perbandingan Harga Hotel di Makkah dan Madinah di 10 Hari Terakhir Ramadan dengan Hari Biasa
Pemandangan udara Kabah Masjidilharam yang dikelilingi hotel-hotel mewah di Makkah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Dua kota di Arab Saudi, Makkah dan Madinah, merupakan pusat ibadah umat Islam yang dikunjungi Muslim dari segala penjuru dunia.

Pada awal bulan Ramadan tahun ini, pemerintah mencatat ada lebih dari 9 juta jemaah yang berkunjung ke Masjid Nabawi, Madinah.

Sementara itu, jumlah pengunjung Makkah yang tercatat memanfaatkan fasilitas bus adalah 1,9 juta orang pada minggu pertama Ramadan.

Akomodasi, termasuk penginapan, tentunya adalah hal yang sangat penting bagi jemaah. Lantas, bagaimana perbandingan harga hotel di Makkah dan Madinah dalam 10 hari terakhir Ramadan dengan hari biasa? Berikut informasinya.

Hotel di Makkah


Selain dikenal sebagai kota yang menjadi tujuan ibadah umat Islam dari seluruh penjuru dunia, Makkah juga terkenal dengan jumlah hotelnya yang sangat melimpah.

Laman Zawya menyebut, pada 2019, kota ini memiliki setidaknya 1.100 unit hotel yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Sementara, jumlah hotel di Arab Saudi mencapai 2.621 pada 2019. Namun, hotel-hotel di Makkah memang banyak terkonsentrasi di sekitar Masjidilharam.

Para jemaah bebas memilih jenis hotel yang akan menjadi lokasi menginap. Mulai dari hotel bintang 1 hingga bintang 5, semua tersedia di Makkah.

Selama musim Ramadan 2023 ini, sektor hotel dan akomodasi di Makkah mengalami lonjakan besar dengan tingkat hunian hotel mencapai 80%.

Angka ini menjadi yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Bukan itu saja, kenaikan harga hotel di bulan Ramadan juga terjadi lantaran tingginya permintaan, terutama pada 10 hari terakhir Ramadan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)