Pejabat Saudi Tiba di Iran untuk Bahas Pembukaan Kembali Misi Diplomatik

Minggu, 09 April 2023 - 13:53 WIB
loading...
Pejabat Saudi Tiba di Iran untuk Bahas Pembukaan Kembali Misi Diplomatik
Pejabat Saudi Tiba di Iran untuk Bahas Pembukaan Kembali Misi Diplomatik. FOTO/SPA
A A A
TEHERAN - Pejabat Saudi tiba di Iran untuk membahas prosedur pembukaan kembali kedutaan Riyadh di Teheran dan konsulat di Mashhad. Hal itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri Saudi, Sabtu (8/4/2023).

Iran dan Arab Saudi sepakat untuk mengakhiri keretakan diplomatik mereka dan membuka kembali misi diplomatik mereka pada Maret, setelah China menengahi kesepakatan untuk memulihkan hubungan kedua negara.



Presiden China Xi Jinping membantu menengahi kesepakatan itu, yang melihat pemulihan hubungan setelah Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada 2016.

“Kunjungan pada hari Sabtu adalah bagian dari “pelaksanaan perjanjian tripartit” yang dicapai pada 10 Maret antara kedua negara,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Saudi, dikutip oleh Saudi Press Agency.



“Kedua belah pihak menekankan pentingnya menindaklanjuti implementasi Perjanjian Beijing dan aktivasinya dengan cara memperluas rasa saling percaya dan bidang kerja sama serta membantu menciptakan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan,” kata pernyataan bersama.

Ketika Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dan rekannya dari Iran Hossein Amir-Abdollahian bertemu di Beijing pada hari Kamis, mereka berjanji untuk membawa keamanan dan stabilitas ke wilayah Teluk yang bergolak.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)