Rusia-Ukraina Perang, NATO Bersiap Unjuk Kekuatan Terbesar Libatkan 200 Pesawat

Minggu, 09 April 2023 - 01:28 WIB
loading...
Rusia-Ukraina Perang, NATO Bersiap Unjuk Kekuatan Terbesar Libatkan 200 Pesawat
NATO bersiap unjuk kekuatan terbesar yang melibatkan lebih dari 200 pesawat di tengah perang Rusia-Ukraina yang terus berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Negara-negara NATO bersiap untuk unjuk kekuatan udara terbesar dalam sejarah 74 tahun aliansi ketika perang Rusia-Ukraina terus berkecamuk. Manuver aliansi ini akan mencakup lebih dari 220 pesawat, termasuk jet tempur siluman F-35, dan 10.000 personel dari 24 negara.

Latihan dengan nama "Air Defender" itu dijadwalkan berlangsung pada 12-23 Juni mendatang. Tujuannya, untuk memproyeksikan front persatuan di Eropa saat perang selama setahun Rusia di Ukraina meluncur menuju jalan buntu.

Sekitar setengah dari aset tempur itu berasal dari Garda Nasional Udara (ANG) Amerika Serikat (AS), yang mengirim unit dari 46 sayap di seluruh negeri—sebuah unjuk kekuatan yang tidak biasa untuk komponen paruh waktu.

Komandan ANG Letnan Jenderal Michael Loh mengatakan manuver besar-besaran nanti akan menandai pengerahan transatlantik terbesar Garda Nasional Udara sejak Perang Teluk.



“Ini sekarang menyatukan aliansi dengan cepat, dengan kekuatan yang kredibel, untuk memastikan bahwa jika Rusia berbaris di perbatasan NATO, kami siap untuk bergegas,” katanya. "Kami akan mempertahankan setiap inci."

Latihan Air Defender pertama kali digelar tahun 2018.

Menurut Loh, tidak ada skenario yang mengatur pasukan NATO melawan musuh tertentu. Tetapi manuver tersebut secara luas akan menawarkan unit Garda Nasional Udara kesempatan untuk mendapatkan pengalaman berharga di wilayah tersebut dan untuk bekerja bahu-membahu dengan rekan-rekan Eropa mereka.

“Anda harus mulai dari dasar-dasarnya,” katanya. “Yang pertama adalah serangan balik defensif. Yang kedua akan lebih fokus pada dukungan udara jarak dekat dan serangan darat. Yang ketiga akan menjadi counter-air yang ofensif.”

Aset tempur yang berpartisipasi termasuk pesawat serang A-10C Angkatan Udara AS; jet tempur F-15C, F-16 dan jet tempur siluman F-35A. Kemudian drone pengintai dan serang MQ-9; pesawat kargo C-17 dan C-130H; kapal tanker KC-46 dan KC-135. Mereka akan bergabung dengan pesawat tempur F/A-18 Angkatan Laut AS, jet pelacak target lintas udara E-3 NATO, kapal tanker A400 Jerman, dan sekitar selusin jenis pesawat lainnya.

Finlandia, yang secara resmi bergabung dengan NATO pada Selasa lalu, juga akan ambil bagian. Sedangkan Ukraina, kata Loh, tidak akan terlibat.

Pasukan akan mulai tiba di Eropa pada 29 Mei, hampir dua minggu sebelum Air Defender secara resmi dimulai.

Sekutu berencana untuk melakukan operasi dari Islandia ke Rumania, dengan sebagian besar penerbangan dilakukan di tiga wilayah Jerman dan Laut Utara.



Mereka juga akan mempraktikkan misi belokan cepat ke lapangan terbang terpencil di Eropa Timur.

Penerbang akan menghadapi rudal darat-ke-udara yang disimulasikan, pengacau komunikasi elektronik, dan replika ancaman nyata lainnya. Beberapa dapat diminta untuk mengerjakan pilihan mereka setelah mengalami kerusakan pertempuran.

Satu tantangan bagi penerbang: memastikan bahwa awak darat dapat menangani semua jenis pesawat, di mana pun di NATO, jika cuaca, kerusakan, atau serangan mengalihkannya dari rutenya.

“Salah satu pangkalan udara sebenarnya tidak memiliki cukup bahan bakar, jika Anda benar-benar harus memuat semua kapal tanker dari sana. Jadi, bagaimana kita memperluas [pengisian bahan bakar]?” kata loh.

“Bagaimana kita mengeluarkan bahan bakar dari pesawat ke 'kandung kemih' di darat, sehingga kita dapat mengisi bahan bakar untuk hal lain?”

Pangkalan mobilitas dapat diminta untuk menerima jet tempur dan mengembalikannya ke medan perang. Pemelihara Eropa akan ditugaskan untuk memperbaiki pesawat Amerika.

Pengendali serangan terminal gabungan asing—sebutan untuk pasukan darat yang mengarahkan pesawat ke target mereka di lapangan—akan mendapat kesempatan untuk memanggil pesawat serang A-10C Thunderbolt II dan drone MQ-9 Reaper.

Memperkenalkan pesawat seperti ini dapat menunjukkan kepada pasukan internasional kemampuan apa yang ditawarkan setiap platform, dan memungkinkan penerbang belajar dari satu sama lain. Ini juga merupakan uji coba jika NATO terlibat dalam perang.

“Kami tidak ingin pertama kali A-10 masuk...dengan JTAC Jerman adalah ketika tank Rusia menyeberang ke NATO,” kata Kapten Adam Casey, seorang pilot A-10 di Garda Nasional Udara Michigan.

Latihan ini juga akan membantu memecahkan masalah gagasan yang lebih berwawasan ke depan, seperti menggunakan kapal tanker KC-46 Pegasus sebagai simpul komunikasi untuk menyampaikan informasi antara jet yang jauh.

Salah satu penerbang mengatakan pengerahan aset udara itu akan memberikan kesempatan bagi Garda Nasional Udara untuk berpikir lebih besar dan lebih kritis daripada sebelumnya, atau rutinitas di masa lalu.

“Pengalaman semacam ini adalah sesuatu yang kami tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya secara teratur, terutama dengan mitra NATO kami,” kata Letnan Kolonel Adam Uhan, seorang pilot KC-135 Stratotanker di Garda Nasional Udara Wisconsin Air.

“Kami keluar dari zona nyaman kami, dan ini adalah jenis pengalaman yang dapat kami bawa kembali...kepada generasi muda.”

Uhan mengatakan ini adalah kesempatan matang untuk memperlancar logistik pengiriman kargo dan mendirikan pangkalan dalam konflik yang dapat menjangkau jutaan mil persegi.

Kru mobilitas, lanjut dia, harus menyusun teka-teki tentang siapa yang paling siap untuk mengirimkan material secara tepat waktu, dan cara yang paling efisien untuk menjaga agar ratusan pesawat tetap terisi bahan bakar di beberapa negara berbeda.

Lainnya seperti Mayor Karl McGarvey, seorang pilot MQ-9 dengan Garda Nasional Udara Texas, berharap untuk berhubungan kembali dengan anggota layanan Eropa yang disarankan oleh garda Amerika di bawah Program Kemitraan Negara.

Latihan yang berhasil dapat membuka jalan bagi pengerahan udara skala besar lainnya di Eropa seiring berkembangnya situasi keamanan di sisi timur NATO.

“Dengan Air Defender, kami mengirimkan sinyal yang jelas bahwa kami benar-benar menjamin keamanan aliansi, tanpa ada atau tidaknya,” kata Angkatan Udara Jerman. “Perang di Ukraina menentukan masa kini dan membentuk masa depan kita.”

Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, seorang perwira tinggi Angkatan Udara Jerman, mengatakan pesawat berbicara sendiri.

“Kami tidak akan menulis surat [kepada Rusia],” katanya, seperti dikutip dari Air Force Times, Sabtu (8/4/2023). "Saya pikir mereka mendapatkan pesannya."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)