Begini Cara Vladimir Putin Bingungkan Intel Musuh yang Melacaknya

Sabtu, 08 April 2023 - 03:56 WIB
loading...
Begini Cara Vladimir Putin Bingungkan Intel Musuh yang Melacaknya
Presiden Rusia Vladimir Putin disebut membangun replika kantornya di beberapa wilayah dalam upaya membingungkan agen intelijen musuh yang mencoba melacaknya. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah membangun replika kantornya di beberapa wilayah sehingga membingungkan para agen intelijen musuh yang mencoba melacak keberadaannya.

Taktik itu diungkap oleh Gleb Karakulov, perwira intelijen Rusia yang telah membelot dengan terbang ke Turki.

Karakulov, mantan insinyur dan kapten di Layanan Garda Federal Rusia yang bekerja dengan detail keamanan Putin, menjelaskan paranoia dan obsesi pemimpin Rusia itu terhadap keselamatan dalam sebuah wawancara dengan Dossier Center for Investigative Journalism.

Karakulov mengatakan kepada Dossier Center bahwa kantor di kediaman Putin di Saint Petersburg, Sochi, dan Novo-Ogaryovo telah dirancang agar terlihat identik.

Dia mengatakan ada kalanya dia tahu Putin berada di satu lokasi, tetapi siaran berita televisi menunjukkan dia melakukan pertemuan yang dikatakan berlangsung di tempat lain.



Pada tahun 2020, Putin dilaporkan telah membangun replika kantornya di Moskow di istana Bocharov Ruchey di Laut Hitam. Kremlin membantah laporan itu dan menyebutnya sebagai "serangan informasi."

Karakulov mengatakan bahwa Putin terkadang semakin mengaburkan lokasinya dengan mengirimkan iring-iringan mobilnya ke bandara meski tetap berada di rumah.

"Orang-orang sering bercanda bahwa ketika Putin berada di Sochi, mereka sengaja berpura-pura dia pergi. Mereka akan membawa pesawat, iring-iringan mobil akan berangkat. Padahal sebenarnya dia akan tinggal di Sochi," kata Karakulov.

"Ini adalah tipu muslihat untuk membingungkan intelijen asing, pertama-tama, dan kedua, untuk mencegah segala upaya untuk membunuhnya," lanjut dia, seperti dikutip Business Insider, Jumat (7/4/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)