China Sanksi Duta Besar de Facto Taiwan untuk AS

Jum'at, 07 April 2023 - 13:14 WIB
loading...
China Sanksi Duta Besar de Facto Taiwan untuk AS
China sanksi Duta Besar de Facto Taiwan untuk AS, Hsiao Bi-khim. Foto/Taiwan News
A A A
BEIJING - China telah mengumumkan sanksi baru terhadap duta besar de facto Taiwan untuk Amerika Serikat (AS) setelah kunjungan profil tinggi Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke negara itu.

Media pemerinatah China, Jumat (7/4/2023), melaporkan Hsiao Bi-khim dan anggota keluarganya akan dilarang memasuki daratan China, Hong Kong, dan Makau, sementara perusahaan yang terhubung dengan Hsiao tidak akan diizinkan untuk bekerja sama dengan organisasi serta individu China daratan, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Kantor Urusan Taiwan China mengumumkan sanksi tersebut setelah Tsai, yang Partai Progresif Demokratiknya mendukung identitas Taiwan yang terpisah dari China daratan, bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California. Pertemuan ini memicu kecaman dari Beijing.



China mengklaim Taiwan, yang diperintah sendiri, sebagai bagian dari wilayahnya dan mengancam akan menyatukan kembali pulau itu dengan daratan dengan paksa jika perlu.

Beijing memberlakukan sanksi terhadap Hsiao dan beberapa pejabat Taiwan lainnya pada Agustus lalu setelah mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi pulau itu.

Taiwan telah menjalin hubungan yang lebih dekat dengan AS di bawah pemerintahan Tsai Ing Wen di tengah meningkatnya kekhawatiran akan invasi China, meskipun Washington, seperti kebanyakan pemerintah, tidak secara resmi mengakuinya sebagai sebuah negara.



Taiwan hanya memiliki 13 sekutu diplomatik yang tersisa setelah Honduras bulan lalu memutuskan hubungan demi mengakui Beijing, yang menolak mempertahankan hubungan resmi dengan negara mana pun yang mengakui Taipei.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)