Aksi Protes Reformasi Pensiun di Prancis Kembali Diwarnai Bentrokan dengan Aparat

Jum'at, 07 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
Aksi Protes Reformasi Pensiun di Prancis Kembali Diwarnai Bentrokan dengan Aparat
Aksi Protes Reformasi Pensiun di Prancis Kembali Diwarnai Bentrokan dengan Aparat. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Ratusan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di sejumlah kota di Prancis pada Kamis (6/4/2023). Agenda yang diusung masih sama seperti demo sebelumnya, yakni menentang rencana reformasi pensiun Presiden Emmanuel Macron .

Seperti dilaporkan AFP, perkelahian pecah pada sore hari di beberapa kota, termasuk di Paris. Di ibu kota Prancis itu, beberapa pengunjuk rasa radikal membakar tenda sebuah restoran yang dihargai oleh presiden.



Macron, yang saat ini sedang berkunjung ke China, menghadapi tantangan terbesar untuk masa jabatan keduanya terkait perombakan pensiun andalannya, yang mencakup menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun dan menuntut orang bekerja lebih lama untuk pembayaran penuh.

Semua pihak dalam kebuntuan sedang menunggu putusan 14 April tentang keabsahan reformasi oleh Dewan Konstitusi Prancis, yang memiliki kekuatan untuk membatalkan sebagian atau bahkan semua undang-undang.

Sementara anggota dewan, yang dikenal sebagai "orang bijak", akan membuat keputusan sejalan dengan interpretasi hukum yang ketat. Serikat pekerja ingin menunjukkan bahwa gerakan protes yang lahir pada bulan Januari masih memiliki dorongan.



"Kami berada di tengah krisis sosial, krisis demokrasi," kata Laurent Berger, kepala serikat CFDT sentris, kepada radio RTL. "Ini masalah yang perlu diselesaikan oleh presiden," lanjutnya.

Demonstrasi diadakan di seluruh negeri, dengan orang-orang mengacungkan plakat atau mengibarkan bendera serikat pekerja dari Paris ke kota selatan Montpellier dan Marseille.

"Kami belum menyerah dan kami tidak berniat melakukannya," kata pegawai negeri berusia 50 tahun Davy Chretien saat dia berbaris di Marseille.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)