Pertahanan Udara Rusia Cegat 3 Roket HIMARS Buatan AS

Rabu, 05 April 2023 - 11:36 WIB
loading...
Pertahanan Udara Rusia Cegat 3 Roket HIMARS Buatan AS
Pertahanan Udara Rusia Cegat 3 Roket HIMARS Buatan AS. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Pasukan pertahanan udara Rusia mencegat tiga roket dari sistem peluncuran roket ganda HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) yang difungsikan oleh pasukan Ukraina. Selain itu, Rusia juga menghancurkan tiga kendaraan udara tak berawak Ukraina selama beberapa hari terakhir.

“Pencapaian itu didapat selama operasi militer khusus di Ukraina, jelas Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, seperti dikutip dari TASS, Selasa (4/4/2023).



“Kemampuan pertahanan udara mencegat tiga roket dari sistem roket peluncuran ganda HIMARS, dan juga menghancurkan tiga kendaraan udara tak berawak Ukraina di daerah dekat pemukiman Krasnogorovka di Republik Rakyat Donetsk dan Kakhovka di Wilayah Kherson,” lanjut Konashenkov.

Dilaporkan pula, pasukan Rusia berhasil melenyapkan lebih dari 30 tentara Ukraina di daerah Kupyansk selama beberapa hari terakhir.

“Di arah Kupyansk, pesawat dan artileri dari kelompok tempur barat menimbulkan kerusakan pada unit tentara Ukraina di daerah dekat permukiman Dvurechnaya, Sinkovka dan Berestovoe di Wilayah Kharkov dan Stelmakhovka di Republik Rakyat Lugansk,” ungkapnya.



Akibat gempuran pasukan Rusia pula, lebih dari 30 personel Ukraina, dua lapis baja kendaraan tempur, kendaraan bermotor dan howitzer D-20 hancur.

“Kerugian musuh di arah itu dalam 24 jam terakhir berjumlah 70 personel Ukraina, dua kendaraan tempur lapis baja dan sebuah howitzer D-20,” kata sang jenderal.

Masih menurut Konashenkov, sejumlah persediaan amunisi Ukraina berhasil dihancurkan. “Tiga gudang amunisi artileri musuh dimusnahkan di daerah dekat pemukiman Ogurtsovo di Wilayah Kharkov, Kurakhovo di Republik Rakyat Donetsk dan Orekhov di Wilayah Zaporozhye,” jelasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)