Rusia, Iran, Suriah, dan Turki Bertemu di Moskow, Pukulan Baru bagi AS?

Senin, 03 April 2023 - 15:33 WIB
loading...
Rusia, Iran, Suriah, dan Turki Bertemu di Moskow, Pukulan Baru bagi AS?
Presiden Suriah Bashar al-Assad bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Dua bulan terakhir telah terjadi perubahan dramatis dalam arsitektur keamanan Timur Tengah. Gempa bumi yang menghancurkan pada Februari memicu curahan dukungan diplomatik dan kemanusiaan untuk Suriah yang dilanda perang.

Muncul pula harapan bahwa perang kotor 12 tahun yang dipimpin Amerika Serikat (AS) melawan Suriah itu akhirnya mungkin mencapai akhirnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Suriah, Iran, dan Turki sedang bersiap mengadakan pembicaraan empat pihak di Moskow pekan ini.

Negosiasi, yang diperkirakan berlangsung selama dua hari, akan menjadi pembicaraan langsung pertama antara pejabat Suriah dan Turki sejak Desember, ketika Moskow menjadi tuan rumah menteri pertahanan dan intelijen kedua negara.

Ini jadi yang pertama dari jenisnya dalam lebih dari satu dekade, untuk mengeksplorasi kemungkinan normalisasi ikatan.

Media Suriah melaporkan pada Minggu (2/4/2023) bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Dr Ayman Sousan akan memimpin delegasi Suriah.

Sousan mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan rekan-rekannya dari Rusia dan Iran akan mengadakan konsultasi bilateral pada Senin, dan pertemuan empat pihak dengan Turki akan berlangsung pada Selasa.

Fokus Damaskus, katanya, akan menegosiasikan penarikan pasukan Turki dari wilayah Suriah, upaya bersama untuk memerangi terorisme, dan non-campur tangan dalam urusan internal Suriah.

Pejabat di Ankara mengonfirmasi pekan lalu bahwa Turki akan mengambil bagian dalam negosiasi, dengan seorang pejabat senior anonim mengatakan pembicaraan itu akan merupakan "kelanjutan dari pertemuan tingkat menteri yang dimulai selama proses normalisasi."

Tidak ada “keputusan signifikan” yang diharapkan, menurut pejabat tersebut, mengingat “tidak akan ada partisipasi tingkat menteri” dalam negosiasi khusus ini.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengkonfirmasi partisipasi Iran dalam pembicaraan selama konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pekan lalu.

Dia mengatakan "pemulihan pandangan Turki dan Suriah" akan menjadi fokus mereka.

“Teheran dan Moskow juga akan berupaya mendekatkan pandangan ini. Dan jika beberapa kerangka ditentukan pada negosiasi ini, pertemuan berikutnya dapat diadakan di tingkat menteri luar negeri,” papar Amir-Abdollahian.

Iran bergabung dengan proses normalisasi diplomatik yang dipimpin Rusia pada Januari, dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan "sangat logis" bagi Teheran untuk ambil bagian, karena Moskow, Teheran, dan Ankara semuanya adalah anggota Proses Astana untuk perdamaian Suriah.

Penataan Wilayah

Rusia yang menikmati hubungan persahabatan dengan Suriah dan Turki, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membawa Damaskus dan Ankara lebih dekat ke normalisasi setelah lebih dari satu dekade saling bermusuhan.

“Kami percaya bahwa perbedaan antara Damaskus dan Ankara dapat diatasi, dan akan terus membantu para pihak dalam menemukan solusi yang dapat diterima bersama demi menormalisasi hubungan antar negara di antara mereka dan memulihkan keramahan tradisional Suriah-Turki,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov memberi tahu Sputnik pada Februari.

Diplomat tersebut menyatakan keyakinannya bahwa pasukan Turki di Suriah, kunci pertikaian antara Damaskus dan Ankara, dapat diselesaikan, karena pihak Turki telah menegaskan kembali pada tingkat tertinggi “komitmennya terhadap kedaulatan, persatuan, dan integritas wilayah Republik Arab Suriah.”

“Posisi ini tercatat dalam sejumlah dokumen Rusia-Turki dan pernyataan bersama Troika Astana,” papar Bogdanov.

Komitmen Rusia untuk memulihkan hubungan Suriah-Turki dijabarkan dalam konsep kebijakan luar negeri baru pekan lalu.

Dokumen tersebut, yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Vladimir Putin pada Jumat, secara resmi menguraikan komitmen Moskow “mendamaikan perbedaan hubungan” antara Suriah dan tetangganya, dan dalam “membantu menyelesaikan dan mengatasi konsekuensi dari konflik bersenjata” di Timur Tengah pada umumnya.

Rusia, menurut kebijakan baru itu, akan fokus, ke depan, pada “mengembangkan kerja sama skala penuh dengan Republik Islam Iran, memberikan dukungan komprehensif untuk Republik Arab Suriah, dan memperdalam kemitraan multifaset yang saling menguntungkan” dengan Turki, Arab Saudi, Mesir, dan anggota Organisasi Kerjasama Islam lainnya.

Pemulihan hubungan Suriah-Turki adalah kunci persamaan ini. Ketika perang kotor yang dipimpin CIA di Suriah dimulai pada awal 2010-an, Turki dan negara-negara lain termasuk Arab Saudi, Qatar, dan Israel bergabung dalam upaya untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar Assad, memfasilitasi aliran militan ke negara itu, dan ekspor minyak, artefak kuno, dan kekayaan lainnya darinya.

Intervensi Rusia dalam konflik pada tahun 2015 membantu memperlambat aliran ini. Turki kemudian mengalihkan persneling untuk mendukung pemberontak di provinsi Idlib, dan melakukan beberapa operasi militer di Suriah melawan Daesh (ISIS) dan militan Kurdi Suriah yang didukung AS diduga terkait Partai Pekerja Kurdistan yang Ankara tetapkan sebagai kelompok teroris.

Turki dan sekutunya saat ini menguasai sekitar 10% wilayah Suriah, dan Damaskus telah berulang kali menuntut penarikan mereka. Permintaan semacam itu yang juga diterapkan otoritas Suriah kepada pasukan AS dan Israel.

Menekankan pentingnya masalah ini bagi Damaskus, Presiden Assad mengatakan bulan lalu bahwa dia tidak akan setuju bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sampai Ankara setuju mengakhiri pendudukannya.

“Ini terkait dengan tiba pada tahap di mana Turki jelas akan siap dan tanpa ambiguitas untuk keluar sepenuhnya dari wilayah Suriah dan mengakhiri dukungannya terhadap terorisme dan memulihkan situasi yang terjadi sebelum dimulainya perang di Suriah,” ungkap Assad pada Sputnik saat pertengahan Maret setelah pertemuan dengan Presiden Putin.

AS Harus Bangun

Bulan lalu, China menengahi normalisasi penting perjanjian hubungan antara saingan regional lama Iran dan Arab Saudi, dengan AS meninggalkan negosiasi dan memenuhi berita dengan anggur masam.

Sementara itu, pejabat Saudi dan Suriah baru-baru ini mengatakan kepada media AS bahwa kedua negara mendekati normalisasi perjanjian hubungan yang ditengahi Rusia.

Pejabat Suriah dan Mesir juga dalam "diskusi lanjutan" tentang pemulihan penuh hubungan diplomatik, dengan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad melakukan perjalanan ke Kairo untuk melakukan pembicaraan dengan Menlu Mesir Sameh Shoukry pada Sabtu.

Pada Februari dan Maret, Presiden Assad melakukan perjalanan ke Oman dan Uni Emirat Arab yang menjadi negara Teluk pertama yang mengambil langkah memulihkan hubungan dengan Damaskus masing-masing pada tahun 2019 dan 2020, untuk membahas cara meningkatkan hubungan dan memfasilitasi kembalinya Suriah ke Liga Arab.

Normalisasi hubungan Suriah-Turki, sebagai komponen kunci dari “kembalinya” kemenangan diplomatik Suriah ke wilayah tersebut, dapat menjadi pukulan telak bagi kekuatan AS.

Hal ini menunjukkan taktik perang kotor Washington dan upaya lama memberikan sanksi kepada Damaskus agar tunduk, adalah tidak mungkin lagi meyakinkan kekuatan regional, bahkan mereka yang memiliki tradisi hubungan dekat dengan Washington.

Itu juga akan menjadi anugerah bagi Presiden Assad, menunjukkan kemampuannya menahan perang kotor melawan negaranya oleh beberapa negara terkaya dan terkuat di Bumi dan hidup untuk menceritakannya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)