Tinggalkan Rumah Sakit, Paus Francis: Saya Masih Hidup

Sabtu, 01 April 2023 - 21:20 WIB
loading...
Tinggalkan Rumah Sakit, Paus Francis: Saya Masih Hidup
Tinggalkan Rumah Sakit, Paus Francis: Saya Masih Hidup. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus (86) meninggalkan rumah sakit untuk kembali ke Vatikan pada Sabtu (1/4/2023) setelah dirawat karena bronchitis. Ia melambai kepada para simpatisan dan media yang menunggu saat dia dibawa pergi.

"Saya tidak takut, saya masih hidup," katanya kepada wartawan dengan komentar ringan di luar rumah sakit sebelum dia pergi, seperti dikutip dari Reuters.



Paus Fransiskus dibawa ke rumah sakit Gemelli Roma tiga hari lalu setelah mengeluh kesulitan bernapas. “Dia telah menanggapi infus antibiotik dengan baik,” kata tim medisnya.

Paus, yang memperingati 10 tahun kepausannya pada bulan Maret, telah menderita sejumlah penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Francis diharapkan untuk mengambil bagian dalam kebaktian akhir pekan ini untuk Minggu Palem - sebuah acara besar dalam kalender Gereja yang memulai perayaan minggu Paskah.



Pekan Suci, seperti diketahui, mencakup jadwal ritual dan upacara yang padat yang dapat melelahkan secara fisik, termasuk prosesi malam Jumat Agung di Colosseum Roma.

Dekan perguruan tinggi kardinal, Giovanni Battista Re, mengatakan, seorang kardinal akan membantu paus selama perayaan minggu itu dan mengurus tugas-tugas altar.

Pengaturan serupa diberlakukan tahun lalu, ketika paus duduk di satu sisi selama beberapa acara Paskah karena sakit lutut yang terus-menerus, menyerahkannya kepada para kardinal senior untuk memimpin Misa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)