Rusia Ancam Swedia dan Finlandia sebagai Target Sah Jika Gabung NATO

Kamis, 30 Maret 2023 - 07:01 WIB
loading...
Rusia Ancam Swedia dan Finlandia sebagai Target Sah Jika Gabung NATO
Rusia mengancam menjadikan Swedia dan Finlandia target sah militer Moskow jika kedua negara Nordik itu gabung NATO. Foto/REUTERS/Vitaly Nevar/File Photo
A A A
MOSKOW - Rusia mengancam Swedia dan Finlandia sebagai target sah militer Moskow jika mereka memutuskan untuk bergabung dengan NATO .

Dalam sebuah pernyataan di situs kedutaan, Duta Besar Rusia untuk Swedia Viktor Tatarintsev memperingatkan bahwa bergabung dengan aliansi militer Barat tersebut akan menghasilkan tindakan pembalasan, termasuk tindakan militer, terhadap kedua negara.

Pemerintah Swedia mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil duta besar Rusia tersebut setelah komentarnya yang mengancam.

Dua negara Nordik itu mengakhiri posisi puluhan tahun non-blok militer pada Mei lalu ketika mereka memutuskan untuk bergabung dengan aliansi Atlantik setelah invasi Rusia ke Ukraina.



Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengatakan: “Kementerian Luar Negeri akan memanggil duta besar Rusia karena membuat pernyataan yang jelas menentang, yang terang-terangan memengaruhi ini."

“Kebijakan keamanan Swedia ditentukan oleh Swedia—bukan orang lain," ujarnya, seperti dikutip AFP, Kamis (30/3/2023).

Diplomat Rusia tersebut "menaikkan taruhan" dalam kebuntuan dengan Stockholm dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs kedutaannya.

“Jika ada yang masih percaya bahwa (keanggotaan NATO) ini dengan cara apa pun akan meningkatkan keamanan Eropa, Anda dapat yakin bahwa anggota baru dari blok musuh akan menjadi target yang sah untuk tindakan pembalasan Rusia, termasuk tindakan militer,” ancamnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)