Humza Yousaf Jadi Pemimpin Pertama Skotlandia yang Beragama Islam

Selasa, 28 Maret 2023 - 22:22 WIB
loading...
Humza Yousaf Jadi Pemimpin Pertama Skotlandia yang Beragama Islam
Humza Yousaf terpilih sebagai pemimpin pertama Skotlandia yang beragama Islam. Foto/REUTERS/Russell Cheyne
A A A
EDINBURGH - Humza Yousaf, seorang politisi muslim, telah terpilih sebagai pemimpin Skotlandia . Parlemen setempat dijadwalkan akan mengukuhkannya sebagai Menteri Pertama yang baru pada Selasa (28/3/2023).

Yousaf menjadi pemimpin pertama Skotlandia yang bergama Islam setelah dia memenangkan pemilihan untuk menggantikan Nicola Sturgeon sebagai pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP).

Yousaf mengalahkan dua pesaingnya di SNP pada hari Senin untuk merebut posisi puncak partai, bersumpah untuk meremajakan kebijakan khasnya untuk mengejar kemerdekaan Skotlandia yang terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

Selain menjadi pemimpin muslim pertama Skotlandia, politisi 37 tahun itu juga tercatat Menteri Pertama termuda sejak devolusi membentuk Parlemen Skotlandia pada 1999.



"Kita semua harus bangga dengan kenyataan bahwa hari ini kami telah mengirimkan pesan yang jelas bahwa warna kulit Anda, atau keyakinan Anda, bukanlah penghalang untuk memimpin negara yang kita semua sebut sebagai rumah," kata Yousaf setelah memenangkan pemilihan kepemimpinan SNP.

Menjanjikan untuk menjadi pemimpin untuk seluruh Skotlandia, dia berjanji untuk memulai gerakan sipil. "Yang akan memastikan dorongan kita untuk kemerdekaan berada di gigi kelima," ujarnya.

"Kami akan menjadi generasi yang memberikan kemerdekaan bagi Skotlandia," katanya dalam pidato kemenangannya, seperti dikutip AFP.

Anggota Parlemen Skotlandia (MSP) memberikan suara untuk mengonfirmasi Menteri Pertama yang baru saat makan siang, dengan Yousaf dipastikan menggantikan Sturgeon mengingat SNP adalah partai terbesar.

Dia kemudian akan dilantik pada sebuah upacara pada hari Rabu (29/3/2023) besok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)