Pilot Ini Pingsan di Tengah Penerbangan, Penumpang Ambil Alih Kendali Pesawat

Jum'at, 24 Maret 2023 - 19:16 WIB
loading...
Pilot Ini Pingsan di Tengah Penerbangan, Penumpang Ambil Alih Kendali Pesawat
Seorang kapten pilot Southwest Airlines tiba-tiba pingsan di tengah penerbangan. Beruntung, seorang penumpang yang juga berprofesi sebagai pilot mengambil alih kendali pesawat hingga mendarat dengan selamat. Foto/REUTERS/Mike Blake
A A A
LAS VEGAS - Seorang kapten pilot penerbangan Amerika Serikat (AS) tiba-tiba sakit dan jatuh pingsan saat pesawat masih mengudara. Beruntung, seorang penumpang yang berprofesi sebagai pilot dari maskapai lain mengambil alih kendali dan berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

Kejadian tersebut dialami penerbangan Southwest Airlines 6013 saat terbang dari Las Vegas ke Columbus di Ohio pada hari Rabu lalu.

"Penerbangan mendarat dengan selamat, dan awak pesawat alternatif mengoperasikan penerbangan ke CMH (Columbus)," kata pihak Southwest Airlines dalam sebuah pernyataan.

Penerbangan itu kembali ke Las Vegas dua jam setelah lepas landas.



“Kami memuji para kru atas profesionalisme mereka dan menghargai kesabaran dan pengertian pelanggan kami terkait situasi ini," lanjut maskapai tersebut, seperti dikutip The Independent, Jumat (24/3/2023).

Dalam lalu lintas radio yang diarsipkan oleh situs web LiveATC, terdengar seseorang mengatakan bahwa kapten pilot mulai merasakan sakit perut dan kemudian pingsan atau menjadi tidak berdaya sekitar lima menit kemudian.

Orang tersebut mengatakan kapten "come back" sekitar 60 detik kemudian dan sedang dirawat di bagian belakang pesawat.

"Kita harus segera membawanya ke ambulans," kata orang itu.

Penduduk Las Vegas, Diane McGlinchey, yang berada dalam penerbangan bersama suaminya, mengatakan kepada NBC News bahwa dia tidak melihat adanya kepanikan ketika anggota kru awalnya datang ke sistem pengumuman publik pesawat untuk menanyakan apakah ada petugas medis di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)