Presiden UEA: Saatnya Suriah Kembali ke Lingkungan Arab

Selasa, 21 Maret 2023 - 03:30 WIB
loading...
Presiden UEA: Saatnya Suriah Kembali ke Lingkungan Arab
Presiden UEA: Saatnya Suriah Kembali ke Lingkungan Arab. FOTO/WAM
A A A
DUBAI - Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, pada Minggu (19/3/2023) mengatakan kepada mitranya dari Suriah , bahwa sudah waktunya bagi Damaskus yang terisolasi secara diplomatis untuk diintegrasikan kembali ke wilayah Arab.

Perjalanan Presiden Suriah Bashar Assad – yang kedua ke UEA dalam beberapa tahun – terjadi setelah kunjungan ke Oman bulan lalu. Itu merupakan satu-satunya keterlibatan resmi Assad di negara-negara Arab sejak dimulainya perang Suriah pada 2011.



Kunjungan tersebut bertepatan dengan keterlibatan yang diperkuat oleh negara-negara Arab terhadap pemerintah Damaskus, yang telah diisolasi secara politik di wilayah tersebut sejak dimulainya perang Suriah dan diusir dari Liga Arab yang berbasis di Kairo pada tahun 2011.

“Suriah telah terlalu lama absen dari saudara-saudaranya, dan waktunya telah tiba untuk kembali ke mereka dan lingkungan Arabnya,” kata Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan kepada Assad dalam pertemuan di istana kepresidenan, seperti dikutip dari Arab News.

Presiden Emirat menyerukan upaya untuk memfasilitasi repatriasi pengungsi Suriah dan mendukung keterlibatan antara Damaskus dan Ankara, yang sekarang bekerja menuju pemulihan hubungan dengan Assad setelah bertahun-tahun mendukung pemberontak melawan pemerintahannya.

“Kami mengadakan pembicaraan konstruktif yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan antara kedua negara kami. Diskusi kami juga mengeksplorasi cara meningkatkan kerja sama untuk mempercepat stabilitas dan kemajuan di Suriah dan kawasan,” lanjut Sheikh Mohammed di Twitter.



Abu Dhabi, yang menormalisasi hubungan dengan pemerintah Assad pada 2018, telah memimpin upaya bantuan setelah gempa 6 Februari yang melanda Turkiye tenggara dan Suriah utara, menewaskan puluhan ribu orang.

Analis mengatakan momentum diplomatik yang dihasilkan setelah gempa dapat meningkatkan hubungan Damaskus dengan negara-negara Timur Tengah yang sejauh ini menolak normalisasi setelah lebih dari satu dekade perang.

“Pendekatan dan upaya UEA terhadap Suriah adalah bagian dari visi yang lebih dalam dan pendekatan yang lebih luas yang ditujukan untuk memperkuat stabilitas Arab dan kawasan,” kata penasihat senior presiden Emirat Anwar Gargash.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)