Kremlin Larang Pejabat di Lingkaran Presiden Putin Gunakan iPhone

Senin, 20 Maret 2023 - 23:30 WIB
loading...
Kremlin Larang Pejabat di Lingkaran Presiden Putin Gunakan iPhone
Kremlin Larang Pejabat di Lingkaran Presiden Putin Gunakan iPhone. FOTO/Khaleejtimes
A A A
MOSKOW - Staf Kremlin yang terlibat dalam kampanye pemilihan kembali Presiden Vladimir Putin pada 2024 telah dilarang menggunakan iPhone karena takut akan spionase. Hal itu dilaporkan harian Kommersant, Senin (20/3/2023), yang mengutip sumber tanpa nama.

Pejabat kebijakan dalam negeri administrasi kepresidenan Rusia, proyek publik, Dewan Negara, dan departemen Teknologi Informasi — yang dikenal sebagai “blok internal” Kremlin — menghadapi tenggat waktu hingga 1 April untuk membuang perangkat ponsel buatan Amerika Serikat (AS) tersebut.



“iPhone sudah berakhir. Entah membuangnya atau memberikannya kepada anak-anak,” kata Kommersant mengutip salah satu pejabat. “Semua orang harus melakukannya pada bulan Maret,” lanjut laporan Kommersant.

Larangan iPhone juga dapat memengaruhi pejabat kebijakan internal di administrasi regional Rusia, tambah publikasi itu.

Sergei Kiriyenko, wakil kepala staf pertama Kremlin, dilaporkan mengeluarkan "kata terakhir" apakah akan melarang iPhone setelah perdebatan tentang masalah tersebut pecah di sebuah seminar di dekat Moskow pada awal Maret.

Menurut Kommersant, Kremlin percaya bahwa iPhone lebih rentan terhadap peretasan dan spionase oleh spesialis Barat daripada smartphone lainnya.



Mengutip sumbernya, publikasi itu mengatakan, Kremlin mendesak para pejabat untuk mengganti iPhone mereka dengan Android atau analog buatan China atau Rusia. Administrasi juga dilaporkan melarang kemungkinan mengganti iPhone yang dibuang pejabat dengan perangkat "baru dan aman" itu sendiri.

Larangan iPhone yang dilaporkan datang ketika pemerintah Rusia berusaha untuk menyapih negara itu dari teknologi Barat dengan apa yang disebut "ekosistem seluler berdaulat" berdasarkan sistem operasi Avrora Rusia.

Kremlin pada hari Senin mengatakan bahwa stafnya tidak diizinkan menggunakan smartphone dalam bentuk apa pun untuk keperluan resmi.

“Apapun mereka, tidak ada perbedaan. Smartphone apa pun adalah mekanisme yang cukup transparan, apa pun sistem operasinya, Android atau iOS. Secara alami, mereka tidak digunakan untuk tujuan resmi,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)