AS Punya Air Force One Baru, Bakal Ubah Warna?

Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:06 WIB
loading...
AS Punya Air Force One Baru, Bakal Ubah Warna?
Pesawat kepresiden AS, Air Force One, akan tetap berwarna biru putih dan melupakan desain eks presiden Donald Trump. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tetap menggunakan skema warna biru-putih untuk bagian luar pesawat pengganti Air Force One . Pesawat pertama diharapkan akan dikirimkan dalam empat tahun.

Angkatan Udara AS pada Jumat malam mengatakan bahwa warna biru muda pada pesawat Boeing 747 model baru yang dimodifikasi untuk mengangkut orang nomor satu di Amerika itu akan sedikit lebih dalam dan lebih modern daripada warna biru telur robin pada versi pesawat yang saat ini digunakan.

AS Punya Air Force One Baru, Bakal Ubah Warna?

Foto:Bluefield Daily Telegraph

Boeing sedang memodifikasi dua pesawat 747-800 miliknya yang akan menggunakan tanda panggilan Air Force One saat presiden AS menumpanginya. Mereka akan menggantikan armada dua pesawat Boeing 747-200 lama yang saat ini digunakan oleh presiden AS.



Pilihan warna eksterior pesawat mengikuti keputusan sebelumnya oleh pemerintah untuk membatalkan desain merah-putih-biru yang disukai oleh Donald Trump, pendahulu Biden. Tinjauan Angkatan Udara AS telah menyarankan bahwa warna yang lebih gelap akan meningkatkan biaya dan menunda pengiriman jet jumbo baru.

Pada tahun 2018, Trump mengarahkan agar jet baru melepaskan desain biru-putih era Kennedy yang ikonik untuk skema warna putih-dan-biru. Setengah bagian atas pesawat berwarna putih dan bagian bawah, termasuk perut, berwarna biru tua. Garis merah tua akan mengalir dari kokpit ke ekor. Pewarnaannya hampir identik dengan bagian luar pesawat pribadi Trump.

AS Punya Air Force One Baru, Bakal Ubah Warna?

Foto: Defense News

Secara resmi dikenal sebagai VC-25B, pesawat baru ini akan menggantikan armada saat ini, yang dikenal sebagai VC-25A, yang menurut Angkatan Udara AS menghadapi kesenjangan kemampuan, meningkatnya biaya perawatan dan “keusangan suku cadang”.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)