Inilah 3 Gereja Spanyol yang Berasal dari Peninggalan Kerajaan Islam Andalusia

Sabtu, 11 Maret 2023 - 11:20 WIB
loading...
Inilah 3 Gereja Spanyol yang Berasal dari Peninggalan Kerajaan Islam Andalusia
Inilah 3 Gereja Spanyol yang Berasal dari Peninggalan Kerajaan Islam Andalusia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga gereja Spanyol yang berasal dari peninggalan kerajaan Islam Andalusia . Spanyol tercatat pernah menjadi tempat peradaban Islam dengan keberadaan kerajaan Andalusia.

Setelah sempat berkuasa cukup lama, kekuasaan Andalusia runtuh dan direbut oleh Raja Katolik. Setelah keruntuhannya ini, cukup banyak bangunan peninggalan Andalusia yang diubah atau dialihfungsikan menjadi tempat ibadah pemeluk Kristen.

Berikut tiga gereja Spanyol yang berasal dari peninggalan kerajaan Islam Andalusia.


1. Katedral Sevilla

Cathedral of Seville menjadi salah satu katedral yang cukup terkenal di Spanyol. Mengutip laman CultureTrip, Sabtu (11/3/2023), pembangunan gereja ini dilakukan di lokasi bekas masjid peninggalan Andalusia.

Melihat sejarahnya, dulu keluarga Moorish Almohad yang menjadi penguasa menyelesaikan pembangunan masjid besar Seville pada 1198. Namun, pada 1248 Seville direbut kendalinya dari bangsa Moor oleh Raja Ferdinand III.

Pada akhirnya, masjid besar tersebut diubah menjadi gereja pada tahun 1401. Meski konstruksinya berlangsung cukup lama dan baru selesai sekitar 1507, namun pembangunannya benar-benar tuntas, tidak seperti sejumlah gereja lain yang terbengkalai.

2. Mosque-Cathedral of Cordoba

Pada penyebutannya, Mosque-Cathedral of Cordoba kerap dikenal sebagai Masjid Cordoba dan Mezquita-Catedral de Cordoba. Mengutip laman Britannica, bangunan ini merupakan masjid yang diubah menjadi katedral Kristen.

Saat bangsa Moor berkuasa, kala itu dilakukan pembangunan tempat ibadah dua bagian, yakni Islam dan Kristen. Hal ini menjadi wujud toleransi yang dilakukan zaman itu.

Namun, ternyata hal tersebut tak berlangsung lama. Pada akhirnya, pembangunan masjid besar dilakukan dengan membuang bagian dari gereja. Saat itu, Masjid Cordoba menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah peradaban Islam.

Sayangnya, saat Cordoba kembali dikuasai orang-orang Kristen, Raja Ferdinand III mengubahnya menjadi katedral. Raja-raja setelahnya memang menambahkan sejumlah struktur bangunan, namun tidak menghancurkan bangunan masjid. Sehingga dalam penamaannya masih kerap disebut dengan Mosque-Cathedral of Cordoba.


3. Gereja El Salvador

Iglesia de Salvador atau Gereja El Salvador dibangun di lokasi bekas Masjid Agung Albaicin. Pada gaya arsitekturnya, bangunan ini mencerminkan perpaduan antara elemen klasik dan Moor.

Untuk diketahui, saat kekuasaan Andalusia berdirilah masjid bernama Albaicin. Namun, pasca penaklukan Raja Katolik tempat ibadah umat Islam tersebut diubah menjadi gereja.

Saat itu, namanya adalah Gereja Collegiate. Adapun tujuannya adalah untuk mengajar agama Kristen kepada Morisco Moor pasca penaklukan tahun 1492. Sekadar informasi, Morisco ini adalah sebutan untuk orang Moor yang telah menjadi Kristen.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)